Gaya Hidup

Manfaat Menghirup Udara Pagi Hari

Ayonews, Jakarta

Bangun tidur di pagi hari rasanya sangatlah menyejukkan tubuh kita. Itu karena udara saat pagi hari masih belum bercampur dengan polusi pabrik dan kendaraan yang kotor. Bila Anda bangun di pagi hari sebelum matahari terbit, Anda akan mendapatkan banyak manfaat udara di pagi hari bagi kesehatan tubuh Anda. Apa sajakah manfaat udara di pagi hari bagi kesehatan?

Tubuh segar, Saat bangun pagi tubuh akan terasa segar karena udara dan hawanya yang memang menyejukkan.

Menyehatkan paru – paru, Ketika kita menghirup udara pagi hari yang memiliki kualitas kebersihan yang baik, maka organ pernafasan termasuk paru – paru pun akan menjadi sehat.

Menyehatkan jantung, Penyakit jantung disebabkan oleh tersumbat atau sedikitnya aliran darah dan oksigen yang menuju ke jantung. Dengan menghirup udara di pagi hari akan membuat peredaran darah Anda menjadi lancar.

Melancarkan peredaran darah, Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa bangun di pagi hari akan melancarkan peredaran darah karena mendapatkan kualitas oksigen yang baik.

Membuat otak Anda berfungsi dengan maksimal, Dengan lancarnya aliran darah dan oksigen menuju ke otak, maka kinerja otak pun akan menjadi maksimal.

Meningkatkan daya ingat, Bila kinerja otak menjadi maksimal, maka sudah pasti daya ingat akan meningkat dan akan terhindar dari penyakit mudah lupa atau biasa disebut pikun.

Tidak terkena penyakit kuning, Bila Anda perhatikan, kenapa banyak orang yang setelah melahirkan seorang bayi lalu menjemurnya di pagi hari? tentunya hal ini sangat menyehatkan. Sinar matahari yang terbit sekitar jam setengah enam sampai jam sembilan pagi mengandung vitamin D yang membuat kita terhindar dari penyakit kuning dengan gejala kulit berwarna kuning dan menjadi terlihat keriput. Penyakit ini sangat berbahaya bagi bayi, karena itu banyak ibu – ibu yang menjemur bayi nya saat pagi hari. Tapi yang harus Anda ingat, jangan menjemur bayi Anda di atas jam sembilan pagi, karena sinar matahari saat itu sudah tak mengandung vitamin D melainkan racun yang dapat merusak sel – sel kulit.

Memberi semangat, Jika Anda perhatikan, orang yang bangun lebih pagi biasanya akan lebih terlihat segar, berenergi dan bersemangat. Itu karena orang tersebut menghirup udara pagi yang sejuk dan baik untuk kesehatan tubuh dan juga pikiran. Udara pagi dapat menciptakan energi positif di dalam tubuh dan pikiran Anda, karena itu membuat Anda lebih semangat dalam menjalani aktivitas. Biasanya sepanjang hari mood Anda akan bagus.

Meningkatkan produktivitas, Bila Anda telah bersemangat di pagi hari, otomatis Anda akan lebih siap menjalani rutinitas yang terkadang terasa monoton. Dan hal ini mengakibatkan produktivitas Anda akan meningkat.

Baik untuk berolahraga, Tak ada saat yang lebih baik dari pagi hari untuk berolahraga. Dengan berolahraga di pagi hari, kalori Anda sudah pasti akan terbakar.

Demikianlah sedikit wawasan dan informasi tentang manfaat udara di pagi hari bagi kesehatan. Semoga dapat memberikan Anda wawasan dan dapat menginspirasi Anda untuk bangun lebih pagi. (NA)

 

Most Popular

To Top