Gaya Hidup

Kegiatan Mengisi Waktu Luang

Ayonews, Jakarta

Kadang-kadang, kita tidak memiliki waktu untuk melakukan beberapa hal yang sangat penting dan kadang-kadang kita memiliki banyak waktu luang tapi kita tidak mengerti bagaimana caranya untuk memanfaatkan waktu itu. Alih-alih merasa bosan di Facebook atau situs jejaring sosial lainnya secara online, Anda dapat memanfaatkan waktu luang ini dengan melakukan sesuatu yang produktif. Mari kita lihat hal-hal berbeda yang dapat Anda lakukan, berikut beberapa cara untuk memanfaatkan waktu luang saat dilanda rasa bosan.

Kebosanan adalah hal yang cukup berbahaya jika dibiarkan berlarut-larut. Fase ini membuat hidup Anda tidak lagi terlihat menarik, di saat-saat Anda justru harus ‘dipaksa’ kehidupan untuk terus bergerak maju. Kebosanan mengubah ketenangan menjadi kesedihan, dan kesendirian dalam penderitaan. Dalam hal ini, kegiatan yang bermanfaat menjadi salah satu cara bagus untuk melarikan diri dari rasa bosan supaya kita bisa lebih produktif kedepannya.

Lakukan hal-hal yang Anda sukai. Habiskan waktu Anda dengan menggambar, melukis, menari, memainkan alat musik atau menulis. Singkatnya, nikmati hobi Anda.

Anda juga dapat mengatur lemari pakaian Anda jika Anda punya banyak waktu luang. Kadang-kadang, dalam jadwal sibuk Anda, Anda tidak menemukan cukup waktu untuk membersihkan kekacauan yang ada di lemari pakaian Anda atau bahkan di kamar Anda. Waktu luang tersebut dapat dimanfaatkan untuk melakukan itu.

Karena kesibukan dan banyaknya tekanan membuat pikiran Anda menjadi benar-benar stres. Hal ini juga merupakan salah satu pemicu hilangnya ketenangan batin. Jika Anda memiliki cukup waktu luang, maka yang terbaik adalah dengan melakukan sholat/dzikir, bermeditasi. Tujuannya untuk menemukan kembali ketenangan jiwa, karena meditasi membantu Anda untuk merilekskan pikiran Anda.

Menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Sering kali, karena pekerjaan dan beban kerja, Anda tidak bisa menghabiskan cukup waktu dengan keluarga dan teman-teman Anda. Lakukan hal ini ketika Anda punya waktu.

Merawat diri Anda sendiri. Di tengah jadwal sibuk Anda, Anda tidak mendapatkan waktu untuk merawat kepribadian Anda. Manfaatkan waktu luang Anda untuk terlibat dalam beberapa pengembangan pribadi. Mendengarkan musik. Karena musik akan menenangkan dan menyegarkan jiwa Anda. Cobalah dengarkan musik-musik klasik. Musik klasik bisa menentramkan jiwa disaat kita sedang merasa bosan.

Ada banyak hal lain untuk mengisi waktu luang yang dapat Anda lakukan untuk menghabiskan waktu seperti browsing di internet untuk membaca dan menemukan fakta menarik tentang sesuatu, belanja, atau menulis buku harian. Bahkan, Anda dapat melakukan banyak hal tergantung pada minat Anda. Eksplorasi hal-hal baru yang belum pernah Anda pelajari sebelumnya! (NA)

Most Popular

To Top