Hukum & Kriminal

Dijanjikan Kerja Diminta Setor 50 juta, 18 Pencari Kerja Tertipu

Ayonews, Bekasi
Jangan langsung tergiur dengan tawaran pekerjaan bila dimintai uang dimuka. Akibatnya bisa kehilangan uang puluhan juta. Hal ini dialami 18 pencari kerja yang mendatangi Polsek Tambun, Bekasi, Senin (30/5/2016) karena tertipu iming-iming pekerjaan.

Mereka melapor karena ditipu dua pria yang menjanjikan pekerjaan di pabrik. Janji tak berbukti padahal sudah membayar Rp50 juta.

Laporan itu dilakukan 12 perempuan dan enam lelaki. Mereka melaporkan tiga orang yang menipunya, dua di antaranya berinisial Ha dan Ir.

Dalam laporannya, mereka menyebutkan kawanan itu selalu menggunakan Xenia putih B 1274 BZV. Mereka mengaku punya kerja sama dengan sejumlah perusahaan hingga bisa memasukkan pekerja baru.

Namun, itu semua tak gratis. Perlu dana jutaan rupiah. Gaya komplotan itu yang meyakinkan membuat korban menyetor antara Rp1,1 juta hingga Rp3 juta hingga terkumpul Rp50 juta.

Ketujuhbelas orang itu dijanjikan bisa bekerja di pabrik plastik di kawasan industri Cikarang Barat pada 12 Mei 2016. Kerja dimulai pada 12 Mei 2016.

Namun pada hari yang dijanjikan, mereka tak bisa masuk kerja. Bahkan setelah ditanya ke petugas pabrik, mereka mendapat kepastian Ir tak lagi bekerja di tempat itu karena telah dipecat. Mereka pun melapor ke kantor polisi.(***)

Most Popular

To Top