Pariwisata

Di Festival Palang Pintu XI di Kemang Raya, Ahok Akan Kembangkan Sanggar Budaya Betawi

IMG-20160528-WA0010

Ayonews, Jakarta

Masyarakat Betawi Kemang dan Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) DPrt Kemang  menggelar Festival Palang Pintu ke XI di Kemang Selatan Raya, Jakarta Selatan, Sabtu (28/5/2016).  Palang pintu merupakan salah satu  adat dan budaya Betawi dalam proses pernikahan.

Acara ini digelar sangat meriah. Terdapat panggung besar untuk menyambut  kedatangan Gubernur DKI Jakarta. Di sepanjang jalan Kemang Raya pun sangat ramai.

IMG-20160528-WA0009

Tak hanya dihiasi bendera dan umbul-umbul, sepanjang jalan itu juga disesaki booth-booth untuk bazzar. Terdapat 280 stand booth yang menggelar aneka jajanan dan dagangan.

Sebagai tuan rumah, tampak Walikota Jakarta Selatan Tri Kurniadi, Ketua DPRT Forkabi Bangka Kemang Mustofa Murtado, tokoh masyarakat Kemang H. Rohmani Saobah, Dewan kota Jakarta Selatan Ustad Anas Kurdi, Ketua LMK Bangka Eka Jaya.

IMG-20160528-WA0004

Ribuan pengunjung sudah sejak pagi datang untuk melihat festival ini. Ada satu yang paling menarik perhatian pengunjung. Yakni, Batu Akik Pandan berasal asli dari Kali Ciliwung Jakarta. Batu ini telah mendapatkan Guiness of Record / MURI Indonesia thn 2015.

Dalam sambutannya, Ahok mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai meminimalisir anggaran penyelenggaraan festival. Anggaran itu akan dialihkan untuk hibah sanggar budaya serta klub olahraga.

“Ini satu hal yang baik karena kami mau fokuskan diri, kami berikan uang hibah bagi sanggar sanggar yang bermutu,” kata Ahok.

Pemprov DKI, lanjut Ahok,  tidak mau lagi seperti dulu yang menghabiskan  uang untuk festival sampai miliaran rupiah, tapi tetap narikin uang.

Saat ini, Ahok mengatakan, banyak sanggar budaya yang kekurangan biaya. Akibatnya prestasi pun sulit diraih. Hibah itu khususnya akan diberikan kepada sanggar yang kerap berprestasi.

“Nah ini penting, kalau dia bisa juara dunia atau juara regional, lalu dia perginya kita yang bayarin tiket. Tiket hotel kita yang bayarin, langsung Pemprov DKI yang bayarin, enggak ada lagi pakai EO (event organizer), pakai apa,”  kata Ahok.

Kemudian jika sanggar atau klub olahraga itu juara, Pemprov DKI Jakarta akan memberi bonus tambahan. Bonusnya  bisa mencapai Rp 2 miliar.

“Ini akan buat sanggar kita berlomba-lomba. Sanggar jadi lebih hidup, itu yang saya pikir harus dilakukan ke depan,”  tutupnya. (***)

Most Popular

To Top