Korupsi

Politisi DPR dari PDIP, Golkar, PKB, PAN, PKS Kompak Terima Suap Pembangunan Jalan di Maluku

Ayonews, Jakarta

So Kok Seng alias Aseng, Komisaris PT Cahaya Mas Perkasa diperiksa terkait proyek pekerjaan pembangunan jalan di Maluku dan Maluku Utara  di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Pemeriksaan itu terkait dugaan Aseng sebagai pihak yang memberi suap kepada sejumlah anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat.

Padahal, jama Aseng tidak tercantum dalam jadwal pemeriksaan KPK untuk saksi penyidikan.

Saat keluar dari Gedung KPK, Aseng tidak menjawab satu pun pertanyaan wartawan.

Dalam surat dakwaan terhadap Direktur Utama PT Windhu Tunggal Utama Abdul Khoir, nama Aseng ikut disebut bersama beberapa pengusaha lain. Aseng diduga secara bersama-sama menyuap anggota  Komisi V DPR.

Suap tersebut diberikan agar para pengusaha mendapatkan proyek pekerjaan pembangunan jalan di Maluku dan Maluku Utara, di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Beberapa anggota DPR yang diduga menerima suap dari Aseng, Abdul Khoir dan pengusaha lainnya, yakni Damayanti Wisnu Putranti (PDI-P) dan Budi Supriyanto (Golkar), Andi Taufan Tiro (PAN), dan Musa Zainuddin (PKB).

Selain itu, uang juga diberikan kepada Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional IX Maluku Amran HI Mustary.

Dalam persidangan terhadap Abdul Khoir, Aseng yang diperiksa sebagai saksi mengakui memberikan sejumlah uang kepada anggota dewan dari Partai Keadilan Sejahtera.

Aseng mengaku memberikan uang sebesar Rp 2,5 miliar kepada M Kurniawan, yang merupakan anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DPRD Bekasi.

Diduga, uang tersebut akan diteruskan kepada Wakil Ketua Komisi V DPR dari Fraksi PKS, Yudi Widiana.(***)

Most Popular

To Top