Hukum & Kriminal

Akhir Drama Ombang Ambing Polisi-Jaksa, Kasus Jessica Telah Siap Disidangkan

Ayonews, Jakarta
Drama kasus kopi sianida dengan tersangka Jessica Kumala Wongso atas pembunuhan berencana terhadap Wayan Mirna Salihin, berakhir. Berkas perkara sudah lengkap atau P 21. Kejaksaan tinggi DKI Jakarta pun sudah menerima berkas perkara yang terombang-ambing selama hampir 120 hari.

Kabid Humas Polda Metro jaya Kombes Pol Awi Setiyono membenarkan berkas tersebut telah dinyatakan P21 oleh ke Kejati DKI Jakarya.

” Direktorat Kriminal Umum Polda Metro jaya telah menyelesaikan berkas perkara Jessica Kumala Wongso. Bolak-balik ke jaksa sudah hal biasa. Alhamdulillah pada hari kamis (26/5)ini JPU, dari kejati DKI Jakarta sudah mengabulkan P 21. Itu berdasarkan surat kepala kejati dki jakarta nomor B3763011/epp/1052016 tanggal 25 mei 2016,” ujarnya kepada wartawan Kamis (26/5).

Sementara itu Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya kombes Pol Krishna Murti mengatakan, pihaknya akan mendatangi Kejati untuk melakukan koordinasi mengenai berkas Jessica yang sudah P21‎ dan akan mengambil surat resmi P21 tersebut. Selain itu juga akan berkoordinasi terkait dengan pelimpahan tahap ke- dua.

“Kemungkinan besar tahap 2 pada hari dinas. Berarti tinggal besok hari Jumat (27/5) kita miliki. Jadi besok paling lambat akan tahap 2 terhadap tersangka J, kami serahkan ke JPU di pengadilan negeri Jakarta Pusat, Termasuk barbuk ada 37 lebih dan dokumen-dokumen lain,” kata Krishna.

Pihaknya, lanjut Khrisna, akan menyerahkan CCTV dari awal kejadian sampai Wayan Mirna Salihin menghembuskan nafas terakhirnya. “Semua barang-barang disita. Semua hasil di labfor kami kumpulkan, dan kita serahkan,” ujarnya

Krishna menambahkan, sidang dengan tersangka Jessica akan digelar terbuka pada pertengahan bulan Juni mendatang di pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

“Kami berusaha mengirim cepat berkasnya kemudian ada petunjuk, kami penuhi petunjuk, terus kembalikan lagi ke JPU. Sekarang sudah lengkap. Jadi memang begitu prosesnya tidak hanya kasus ini aja yang bolak balik,” pungkasnya.

Untuk diketahui, setelah melalui Drama 118 hari masa penahanan Jessica Kumala Wongso yang berkasnya beberapa kali bolak balik ke penyidik, hari ini Kamis(26/5) pihak kejati telah menyatakan berkas perkara pembunuhan berencana yang menewaskan Wayan Mirna Salihin dinyatakan P21 oleh Kejati dki Jakarta.

Keputusan ini diumumkan tepat dua hari jelang masa penahanan Jessica habis pada 28 Mei mendatang.

“Hari ini kita nyatakan berkas perkara Jessica sudah P21,” kata Aspidum Kejati DKI Jakarta, M Nasrun, dalam jumpa pers di Kejati DKI, Kamis (26/5).

Setelah barang bukti lengkap dan Jessica diserahkan dari kepolisian ke kejaksaan, maka Jaksa segera memproses dakwaan untuk wanita berambut panjang itu.

“Lalu kita limpahkan ke pengadilan,” jelasnya.(***)

Most Popular

To Top