Hukum & Kriminal

Meski Nanti Dibebaskan, Selama18 Tahun Status Jessica Tersangka

Ayonews, Jakarta

Proses penyidikan terhadap tersangka kasus pembunuhan dengan sianida campur kopi, Jessica Kumala wongso masih akan tetap berlangsung meski masa tahananya akan habis pada Sabtu (28/5/2016). Pasalnya, proses penyidikan terhadap Jessica baru akan daluarsa setelah 18 tahun lamanya.
“Sampai penyidikan dia daluarsa masanya, ya 18 tahun itu masih berhak memproses dan kami sudah menentukan tersangkanya kan,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono di Polda Metro Jaya, Rabu (25/5/2016).
Soal daluarsa setelah 18 tahun, menurut Awi, karena yang bersangkutan dijerat Pasal 340 KUHP tentang tindak pidana pembunuhan berencana yang ancaman pidananya hukuman seumur hidup atau mati.
Dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara, lanjut Awi, maka proses penyidikan terhadap Jessica baru akan daluarsa selama 18 tahun lamanya. Hal tersebut telah diatur dalam Pasal 78 KUHP.
“Kalau sampai tanggal 28 Mei ya memang belum P21, belum lengkap berkasnya, ya tentu proses demi hukum ya Jessica kita keluarkan dari tahanan. Namun proses penyidikannya masih tetap berjalan,” ucapnya.
Awi memastikan jika Kejaksaan Tinggi belum juga menyatakan berkas perkara Jessica lengkap pada Sabtu (28/5/2016) maka polisi berkewajiban untuk melepas yang bersangkutan. Namun, Awi optimis sebelum masa penahanan Jessica habis berkas perkaranya akan dinyatakan lengkap oleh Kejati.
“Makanya kami menunggu, kalau tau tau besok atau Jumat P21 ya kami serahkan. Nanti selanjutnya terserah jaksa, mau ditahan atau dilepas. Yang jelas kami sudah tidak bisa menahan lagi kalau sudah lebih dari 120 hari,” kata Awi.
Polda Metro Jaya menahan Jessica Kumala Wongso (27) sebagai tersangka kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin sejak Sabtu (30/1/2016). Adapun Mirna tewas setelah minum es kopi vietnam di Kafe Olivier, Grand Indonesia, pada 6 Januari 2016 lalu.(***)

Most Popular

To Top