Hukum & Kriminal

Kapolri: Ingat Ya!Dalam Menghadapi Masyarakat, Polisi Jangan Pakai “Gaya Lama”

Ayonews, Jakarta
Insiden razia lalu lintas di Ciputat yang sempat heboh di media sosial akhir-akhir ini, memantik Kapolri Jenderal Badrodin Haiti bereaksi. Selasa (24/5/2016), Kapolri pun menyambangi Biro Operasional Polda Metro Jaya untuk membahas masalah tersebut.

kapolri

Awalnya. Kapolri yang didampingi Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Moechgiyarto bersama jajaran Polda Metro Jaya menggelar rapat tertutup membahas hal-hal yang terkait dengan pengamanan. Di dalam rapat itu, Jenderal bintang empat ini meminta kepada anak buahnya jangan melakukan praktik “gaya lama” dalam menghadapi masyarakat.

Soal insiden razia di Ciputat, menurut Kapolri adalah hal yang biasa, dimana ada perdebatan antara polisi dengan pihak yang ditilang.

“Tapi begitu masuk di media, persoalan jadi berbeda, mengomentari berbeda. Nah sikap yang mengedepankan kewenangan-kewenangan itu merupakan hal yang harus dibenahi. Jadi kami antisipasi dan harus mengingatkan ke seluruh jajaran Polri,” jelasnya.

Apalagi, lanjut Kapolri, saat ini masyarakat sudah berubah. Artinya semua hal saat ini sangat transparan karena masyarakatnya yang kritis. Karena itu, Kapolri mengarahkan ke polda-polda dalam menghadapi tantangan tugas ke depan dapat mengikuti adanya suatu perubahan di masyarakat.

“Sekarang kan semua orang punya ponsel, ada kameranya dan aplikasinya sehingga bisa mengakses ke media manapun juga. Artinya setiap sikap dan perilaku polri setiap saat bisa didokumentasikan. Karena itu kami berupaya kepolisian kita juga harus berubah, tidak boleh memakai gaya lama dipraktikan kembali,” terang Kapolri kepada wartawan.(***)

Most Popular

To Top