Nasional

Dilindungi UU Khusus, Perpusnas Rawat 500 Buku Beraliran Komunis

Ayonews, Jakarta
Isu komunisme membuat banyak orang was-was. Termasuk kalangan pustakawan. Bukan karena mereka takut dituding komunis karena merawat buku-buku beraliran kiri atau komunis.

wpid-musso-2

Justru sebaliknya, para pustakwan ini merasa tersudutkan lantaran ada yang menduga buku-buku bernilai sejarah itu dihilangkan atau dibakar karena khawatir mereka terjerat hukuman.

Plt Kepala Perpustakaan Nasional RI Dedi Junaedi di kantornya di Jakarta, Rabu (18/5/2016), mengatakan, Perpunas sudah mengkoleksi buku kiri atau yang berbau komunis 500 buku. Ratusan buku kiri itu dirawat dengan bauk.

dn-aidit

“Kami menyampaikan tidak mungkin dimusnahkan. Bahwa isu Perpusnas memusnahkan tidak benar. Kami ada 500 judul aliran kiri,” jelasnya saat menggelar jumpa pers untuk menepis isu yang beredar.

Bahkan, lanjut Dedi, pihaknya juga tidak memiliah-milah buku yang tersedia sebagai bacaan terlarang.

“Itu koleksi khusus. Kalau untuk kepentingan pendidikan boleh dibaca,” terang dia.

nyoto-peniup-seksopon

Dedi menegaskan, Perpusnas tidak pernah memberikan dukungan pemusnahan buku-buku aliran kiri. Perpusnas hanya bersandarkan kepada UU.

“Dukungan atau setuju tidak ada itu. Kita hanya sesuai UU. Penyebutan koleksi khusus itu aturan dari DPR,” tandasnya.(***)

Most Popular

To Top