Hukum

Anda Nunggak Pajak, Siap-siap Disandera Ditjen Pajak di Salemba

Ayonews, Jakarta

Hati-hati buat Anda yang punya kebiasaan menunggak pajak.  Ada tindakan tegas dari Direktorat Jenderal Pajak. Tindakan ini tak hanya berlaku bagi  perorangan. Tapi juga  perusahaan.

Dirjen pajak akan melakukan  upaya penyanderaan bagi wajib pajak yang nakal. Mereka akan disandera di lapas hingga melunasi pajaknya. 

Kepala P2 Humas Ditjen Pajak Mekar Satria Utama mengungkapkan, dari data tahun 2016 Ditjen Pajak, ada 38 wajib pajak yang menunggak pajaknya. 31 Di antaranya adalah pajak badan/perusahaan, sementara tujuh yang lain adalah pajak orang pribadi atau perseorangan.

“Ada dua belas yang sudah kita eksekusi, seluruhnya melunasi. Sementara, lima yang masih disandera,” kata Mekar kepada wartawan di Lapas Salemba, Jl Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Kamis (19/5/2016).

Kepala Lapas Salemba, Abdul Karim mengatakan ada tiga wajib pajak yang disandera di Lapas Salemba dan ditempatkan di Blok Saroso lantai 2 Lapas Salemba. Satu dari tiga orang itu merupakan WNA yang sudah menjalani penyanderaan lebih dari enam bulan.

“Sebelum masuk ke lapas, sesuai prosedur, pasti kita cek kesehatan dan lain-lain. Di sini ada tiga wajib pajak yang disandera, satu orang di antaranya merupakan WNA Korea. Sementara dua WNI tersebut salah satunya dirut PT EJ yang berinisal ARF,” katanya.

Pihak lapas mengimbau kepada wajib pajak agar segera melunasi tunggakan pajak. Pihak Lapas Salemba bersedia menampung para penunggak pajak sebagai tempat sandera.

“Kita mengimbau agar cepat dilunasi tunggakannya biar bisa keluar dari lapas, namun kita siap menampung penunggak pajak yang nakal agar jera dengan efek seperti ini,” tegasnya.(***)

Most Popular

To Top