Ibukota

Ahok Mau Bikin Semua Kali di Jakarta Bisa Buat Berenang Anak-anak

Ayonews, Jakarta
Kali Ciliwung yang melintas di belakang Lindeteves Trade Center (LTC) Glodok, Jakarta Barat, kini lebih jernih. Bahkan sungai itu sekarang dimanfaatkan anak-anak untuk mandi dan berenang. Tak ada lagi sampah, air hitam dan bau tak sedap dari sungai itu.
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengungkapkan, air kali jernih itu bukan kejadian tiba-tiba semata. Namun karena ada sistem air yang diubah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
“Karena bulan lalu kita buka pintu airnya. Lalu, kita selalu bersihin sampahnya,” kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (18/5/2016).

Beberapa waktu lalu, Ahok bilang sudah mulai membuka pintu air Ciliwung Lama setiap hari. Air yang datang dari Bogor tak melulu mengendap di pintu air Manggarai. Air lari ke Istiqlal dan ke daerah Gajah Mada, Hayam Wuruk.

“Nah Gajah Mada, Hayam Wuruk kita bersihin terus sampahnya. Kan sempat mengendap di situ kan,” ucap Ahok.

Sementara itu, di sepanjang pintu Gajah Mada ada sistem seperti saringan. Karena kontur pintu airnya pun lebih tinggi, ada waktu yang membuat air bisa sempat mengendap.

“Jadi kalau enggak musim hujan, masuk ke Pinangsia pasti bening,” jelas Ahok.

Penjelasan Ahok Soal Kali di LTC Glodok Lebih Jernih

Anak-anak berenang di Kali Ciliwung di belakang Gedung Lindeteves Trade Center (LTC) Glodok, Jakarta Barat.

Mantan Bupati Belitung Timur ini tak mempermasalahkan anak-anak menjadikan kali itu sebagai wisata dadakan. Malah, Ahok mengungkapkan, bakal menambah kali dengan air yang jernih juga.

“Makanya kita mau buat yang bisa berenang di Krendang, Jakarta Barat, Kalijodo sama Kali Besar Barat. Airnya bening jadi orang bisa main air,” terang dia.

Tak hanya itu, akan ada sistem khusus penyaringan air yang menjaga kejernihan air. Bahkan, kolam itu juga akan diberikan sirkulasi khusus agar tetap bisa dipergunakan.

“Kita pakai sirkulasi kolam renang di situ. Kita mau pola kayak kolam renang satu juga di BKB,” kata dia.(***)

Most Popular

To Top