Ibukota

Nenek Moyang Nggak Segoblok Mereka yang Tinggal di Bantaran Kali Ciliwung

Ayonews, Jakarta
Alasan warga bantaran kali karena sejak nenek moyang mereka tinggal di sana membuat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok geram.

“Nenek moyang juga tidak mau mendirikan bangunan di bantaran kali,” cetus Ahok saat disinggung masih banyaknya bangunan yang berdiri di bantaran Kali Ciliwung.

Kondisi itu dia lihat langsung saat menyusuri Kali Ciliwung sepanjang 19 kilometer, Rabu (18/5/2016) pagi.

“Banyak titik-titik yang harus dikonservasi. Terutama untuk titik-titik yang dibangun rumah mewah. Itu enggak masuk akal ada rumah mewah,” kata Ahok di Kampung Melayu, Jakarta Timur.

Alasan nenek moyang, menurut Ahok, tidak masuk akal karena tidak mungkin orang pendahulu mendirikan bangunan tepat di bantaran kali.

“Mana ada nenek moyang bikin rumah di bantaran sungai. Mau enggak kamu tinggal di dalam aliran sungai? Yang setiap datang air dari Bogor tenggelam?” tambahnya.

Ahok juga kesal dengan perkataan warga bantaran kali yang dianggapnya tidak sopan.

“Kenapa enggak masuk akal? Banyak orang mengklaim ‘saya tinggal di sini sejak pertama Kali Ciliwung ada kehidupan’. Ini nenek moyangnya tinggal di sini nih? Terus saya bilang, nenek moyang kita enggak goblok amat, kok kamu menghina banget sama nenek moyang kita,” kata Ahok.(***)

Most Popular

To Top