Ibukota

Asyiiik…Ahok Mau Gratiskan Angkutan Umum

Ayonews, Jakarta

Warga ibukota bakal terus dimanjakan oleh Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Kali ini, mantan Bupati Belitung timur itu bakal menggratiskan seluruh angkutan dalam kota kepada warga.Kok bisa?

Nanti, ongkos penumpang  akan dibiayai dari pendapatan retribusi jalan berbayar atau Electronic Road Pricing (ERP).ERP merupakan strategi rekayasa lalu lintas yang akan dikembangkan Pemprov DKI untuk membatasi penggunaan kendaraan pribadi. Setiap kendaraan yang melintas di jalan yang dilengkapi teknologi ini akan dikenakan  tarif berbayar.

“Biaya yang diperoleh dari pemilik kendaraan ini akan kita gunakan untuk membangun jaringan transportasi di Jakarta. Bila maksimal, juga akan kita gunakan untuk biayai ongkos angkutan warga. Saya ingin nantinya seluruh angkutan dalam kota gratis untuk warga,” ujar Ahok di Balaikota, Selasa (17/5).

Ahok yakin kebijakan ini dapat meminimalisir   kemacetan di Jakarta. Karena warga akan memilih menggunakan angkutan umum ketimbang  membawa kendaraan pribadinya. Siapa sih yang nggak suka gratisan?

Ahok juga telah meminta Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta untuk mengelola sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) yang akan diterapkan di jalan-jalan protokol di Jakarta.

Pemprov DKI juga bisa  leluasa menentukan besaran tarif ERP, Namun kebijakan ini masih dipelajari. Sebab, keinginannya itu bisa menimbulkan masalah pada penerimaan pajak.

“Dengan pengelolaan ERP di tangan Dishubtrans DKI Jakarta, persoalan tarif akan lebih mudah dikendalikan, sehingga ERP bisa segera terlaksana di Jakarta, tandas Ahok.(***)

Most Popular

To Top