Ibukota

Ahok Mau ‘Sulap’ Air Kali Ciliwung Jadi Air Minum

image

Ayonews, Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meyakini air Sungai Ciliwung sebenarnya bisa digunakan untuk air baku. Karena itu, jika nantinya sepanjang aliran Sungai Ciliwung bisa dinormalisasi, dia ingin agar air dari sungai tersebut digunakan sebagai air baku untuk kebutuhan di rumah-rumah susun.

“Saya sudah bilang sama PAM (Perusahaan Air Minum), semua rusun harus punya air baku, pengolahan air sendiri, pasang sendiri, malah saya minta dia pengolahan air limbahnya langsung. Bahkan, yang rusun yang akan datang (airnya) bisa langsung minum,” kata dia di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (18/5/2016).

Normalisasi Sungai Ciliwung sendiri masih berjalan. Menurut Ahok, total ada 19 kilometer panjang aliran yang harus dinormalisasi.

Sebagian besar akan dinormalisasi dengan cara diberi dinding turap beton (sheet pile). Namun, ada pula yang tidak perlu diberi dinding turap karena sudah adanya dinding turap alami.

“Ada 9 kilometer yang tidak perlusheet pile. Kenapa tidak ada sheet pile? Karena ada batu alam hasil sedimen. Biasanya kan batu sedimen ini kuat, alami. Jadi, tidak perlu lagi ada sheet pile,” ujar Ahok. (***)

Most Popular

To Top