Internasional

Serbu Rumah Sakit Al-Assad di Deir al-Zor, ISIS Tewaskan 20 Tentara Suriah & Menawan Ratusan Petufas Medis

Ayonews, Damaskus

Militan ISIS menyerbu sebuah rumah sakit yang dikendalikan pemerintah di Suriah Timur. Akibatnya, 20 anggota pasukan pro rezim Bashar al-Assad tewas. Mereka juga menculik staf medis untuk dijadikan sandera.

images

Kelompok monitor Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) mengatakan, militan ISIS menyerang rumah sakit Al-Assad di Deir al-Zor. Mereka melakukan hal itu agar dapat mengontrol wilayah yang kaya minyak dan memiliki pangkalan udara vital.

Serangan ini memicu bentrokan dengan pasukan rezim yang menjaga rumah sakit dan menewaskan 6 anggota ISIS. “ISIS menyerang rumah sakit Al-Assad di pintu masuk barat kota, menewaskan sedikitnya 20 tentara dan sekutu pejuang,” kata kepala SOHR, Rami Abdel Rahman dikutip dari Daily Mail, Sabtu (14/5/2016).

Rahman mengatakan, ISIS kemudian menyita rumah sakit dan menangkap serta para staf medis untuk dijadikan sebagai sandera. Hingga saat ini, pertempuran masih berkecamuk.

ISIS menguasai sekitar 60 persen wilayah Deir al-Zor, termasuk pusat dan utara kota. Mereka telah memblokade sejumlah wilayah yang dikuasai pemerintah di wilayah selatan dan timur. Di wilayah tersebut terdapat sekitar 200 ribu warga sipil yang terjebak sejak Maret tahun 2014.

ISIS juga mengontrol hampir semua provinsi di sekitarnya. Mereka telah berulang kali menyerang kantong pemerintah dan menguasai sejumlah wilayah sejak awal tahun ini. Namun, upaya mereka untuk menguasai pangkalan udara telah gagal dan dihancurkan oleh pasukan elit rezim Damaskus.

(***)

Most Popular

To Top