Ibukota

Ahok Hentikan Paksa Operasional Kafe “Lucy In The Sky”

Ayonews, Jakarta
Warga apartemen Sudirman Mansion kini lega dan bisa tidur malam dengan nyenyak. Kafe “Lucy In The Sky” yang tiap malam bikin bising dan mengganggu kenyamanan warga, akhirnya dihentikan paksa oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok.

Ternyata, selain bikin bising warga, kafe itu tak memiliki izin dari PTSP maupun Dinas Pariwisata dan kebudayaan DKI Jakarta,

“Untuk Lucy In The Sky izinnya belum pernah dikeluarkan oleh PTSP dan juga oleh SKPD lama,” kata Kepala Badan Pelayan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Edy Junaedi, Jakarta, Jumat (13/5/2016).

Padahal, untuk bisa beroperasi, Lucy In The Sky harus mengantongi izin Undang-Undang Gangguan (UUG) dan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP). Izin yang dimiliki oleh kafe cuma domisili, namun itu juga sudah habis masa berlakunya pada 2015. Izin tersebut juga bukan atas nama perusahaan saat ini, melainkan perusahaan lama, PT Lima Dua Lima Tiga.

“Izin domisili atas nama PT yang lama sudah habis dan tidak diperpanjang lagi oleh pengusaha yang baru,” kata Edy.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sendiri telah memerintahkan menghentikan operasional kafe Lucy in The Sky. Sebab, operasional bar and lounge tersebut dinilai sudah mengganggu ketenangan warga yang bertempat tinggal di Sudirman Mansion.

“Kafe Lucy in The Sky sudah kita paksa dihentikan (operasional),” kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (13/5/2016).

Namun demikian, Ahok mengatakan, bukan berarti pemilik usaha tersebut tidak bisa kembali membuka usahanya. “Boleh membuka usahanya kembali, tapi ada syaratnya. Tempat hiburan tersebut harus memasang alat peredam. Jika tidak, izin operasional tidak akan diberikan,” tegas Ahok.

Sebelumnya, warga yang bertempat tinggal di Sudirman Mansion mengaku merasa terganggu dengan kebisingan di kafe Lucy in The Sky. Bahkan, para penghuni memasang spanduk besar di Gedung Sudirman Mansion yang berjarak sekitar 140 meter dari kafe Lucy in the Sky.

Salah satu spanduk besar bertuliskan “Anak dan bayi kami tidak bisa tidur karena Lucy in The Sky sangat berisik dan tidak peduli dengan kenyamanan warga sekitar”.(***)

Most Popular

To Top