Gaya Hidup

Tips Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi dengan Oil Pulling

Ayonews, Jakarta

Oil pulling merupakan teknik kesehatan oral kuno yang berasal dari suku Ayuverda di India sejak 300 tahun lalu. Berkumur dengan minyak? Anda mungkin ragu dengan hal ini, namun jika sudah terbiasa melakukannya anda akan mendapat banyak manfaat dari kebiasaan ini. minyak yang digunakan dalam oil pulling ini dapat membantu memberantas jamur, kuman, bakteri dan kotoran lain dalam mulut.

Cara melakukan oil puling ini cukup mudah

  1. ambil minyak sebanyak satu sendok makan.
  2. masukan kedalam mulut, dan kumur selama 10-15 menit, jangan di telan! Namun apabila tak sengaja tertelan anda tak perlu khawatir, karena ini akan teratasi oleh sistem pencernaan kita.
  3. setelah merasa minyak menjadi ringan maka buang dan berkumurlah dengan air hangat.
  4. terakhir, sikat gigi anda seperti biasa.

Dari langkah-langkah diatas yang tampak cukup mudah, anda dapat merasakan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan gigi dan mulut anda. Oil pulling diyakini mampu mengurangi bakteri yang dapat membentuk plak yang bisa merusak gigi. Karena dapat menghilangkan bakteri, tentu oil pulling juga bisa membuat napas kita lebih segar dan terhindar dari bau mulut. Perlahan-lahan, oil puling juga dapat memutihkan gigi anda, karena noda di gigi akan terangkat setiap kali melakukan oil pulling.

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut, oil pulling juga ternyata dapat menghindarkan kita dari penyakit, karena dapat membersihkan mulut yang merupakan pintu masuknya kuman ke dalam tubuh, sehingga ketika mulut kita terjaga kebersihannya, resiko terserang penyakit pun akan semakin kecil. Selamat mencoba! (NA)

Most Popular

To Top