Gaya Hidup

Pilih Makanan Sesuai Mood Anda

Ayonews, Jakarta

Fakta membuktikan bahwa emosi memang berhubungan erat dengan makanan. Ketika dalam keadaan positif atau baik-baik saja, kita cenderung lebih memilih makanan yang sehat, karena kita lebih memikirkan soal efek dari makanan tersebut bagi tubuh kita. Sementara saat keadaan mood sedang tidak baik atau bad mood, kita cenderung tidak pedubi pada efek makanan melainkan lebih mencari cara cepat untuk mendapatkan kenyamanan dari rasa masakan yang lezat.

Makanan yang sehat tidak hanya baik untuk fisik, melainkan juga baik untuk kesehatan mental. Zat-zat yang terkandung di dalamnya dapat mempengaruhi hormon yang mengontrol mood kita. Tapi tidak hanya mood yang bisa mempengaruhi apa yang kita makan, makanan juga bisa mempengaruhi mood kita loh!

Sedang Kesal

Dalam keadaan sedang kesal, lebih baik jika kita meminum secangkir teh hangat, lebih bagus laki kalau teh hijau. Menurut sebuah penelitian, orang yang meminum teh hijau, punya mood yang lebih tenang dan baik. Jika anda kurang suka dengan teh hijau yang rasanya pahit, cobalah untuk menambahkan sedikit madu.

Sedang Stress

Rutinitas sehari-hari yang terlalu membebani pikiran kita tak jarang membuat kita stress. Untuk itu, cobalah makan pasta, karena kandungan magnesium yang ada dalam spaghetti atau pasta lainnya, bisa mengurangi kadar stress dalam tubuh. Khasiatnya akan lebih bertambah apabila ditambahkan potongan salmon, karena ikan salmon memiliki asam lemak dan omega tiga yang bisa mengurangi gejala cemas.

Sedang Sedih

Dalam keadaan sedih, seseorang cenderung memilih makanan atau cemilan yang hanya membuat kenyang sesaat. Coba alihkan kebiasaan ini dengan mengkonsumsi cemilan yang lebih sehat seperti kedelai jepang yang rendah lemak dan tinggi protein. Dark chocolate juga terbukti bermanfaat untuk dimakan dalam keadaan sedih karena mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan melancarkan aliran darah sehingga membuat mood lebih ceria.

Sedang Malas

Ketika anda merasa malas untuk melakukan sesuatu, tapi anda diharuskan untuk melakukannya, ada cara mudah mengatasinya. Sebenarnya tubuh kita pada saat itu hanya kekurangan serat dan protein, karena sudah terserap menjadi tenaga. Anda hanya perlu memakan makanan yang tinggi serat dan protein.sepiring rujak buah bisa jadi alternativ makanan peningkat mood.

Sedang Lemas

Banyak makanan yang mengandung energy booster yang berasal dari karbohidrat dan kafein, salah satunya adalah coklat hitam dan gandum. Dark chocolate dianggap paling cocok dijadikan energy booster karena memiliki cocoa yang tinggi dankadar gula yang rendah. Sementara gandum punya karbohidrat yang tinggi, dapat menambah energi dan membuat kita kenyang. (NA)

 

Most Popular

To Top