Gaya Hidup

Senyum Ternyata Memberi Manfaat Bagi Kesehatan

Ayonews, Jakarta

Senyum merupakan aktivitas yang paling mudah dan paling sederhana yang dapat di lakukan oleh manusia. Dengan tersenyum menurut para ahli memiliki manfaat bagi kesehatan jiwa manusia dan tubuh manusia. Anda dapat melakukan senyuman lebih sering pada waktu dan tempat yang semestinya. Banyak orang tidak menyangka bahwa dengan senyuman dapat membuat tubuh lebih sehat dan dapat memancing pikiran positif dan perasaan buruk.

Namun pastinya bukan itu saja manfaat tersembunyi dari tersenyum. Walaupun terlihat sepele namun begitu banyak hal positif di dalam senyum, salah satunya dalam hal kesehatan. Inilah beberapa manfaat tersenyum bagi kesehatan.

Pertama, tersenyum akan membuat anda lebih terlihat awet muda dan terlihat tampak lebih sehat. Hal ini di karenakan ketika anda tersenyum maka otot-otot pada wajah anda akan merespon dan terangkat sehingga mengakibatkan anda akan tampak terlihat awet muda. Dan perlu di ingat dengan tersenyum maka akan mengurangi pengeriputan dini pada kulit wajah.

Kedua, tersenyum adalah mampu menghilangkan dan menghindarkan rasa stres akibat beban kerjaan saat menjalani aktivitas keseharian yang menguras tenaga tubuh serta tenaga pikiran. Lakukan aktivitas senyuman jika bertemu dengan teman kantor anda atau anda juga dapat melihat film lucu untuk memancing anda dapat tersenyum dan tertawa. Hal tersebut dapat membuat anda lebih rileks dan mampu menghilangkan rasa stres.

 Ketiga, tersenyum dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mungkin manfaat yang satu ini banyak orang tidak mengira. Namun banyak ahli mengatakan dengan tersenyum maka secara tidak langsung sistem kekebalan tubuh akan meningkat. Hal ini di sebabkan karena ketika anda tersenyum entah itu saat ketemu dengan teman atau yang lainnya, tubuh akan merasa lebih rileks sehingga daya tahan tubuh akan meningkat.

Keempat, tersenyum menghilangkan rasa sakit yang di alami oleh tubuh. Hormon endorfin adalah salah satu hormon yang ada pada tubuh, hormon ini di kenal sbagai hormon bahagia atau di sebut dengan hormon yang dapat membuat manusia merasa bahagia, tenang dan sebagai kekebalan tubuh. Ketika anda tersenyum maka hormon endorfin di dalam tubuh akan meningkat, sehingga dapat menghilangkan rasa sakit yang di alami oleh tubuh anda.

Kelima, Tersenyum dapat membuat anda merasa lebih baik dan membuat suasana hati anda lebih baik. Rasa sedih memang dapat menghampiri siapa saja, rasa tersebut memang wajar adanya. Untuk mengatasi kepedihan yang mendalam maka di butuhkan langkah yaitu salah satunya dengan tersenyum. Oleh karena itu ketika anda merasa sedih maka berusaha untuk tersenyum dan berusaha berpikir positif untuk masalah yang datang dan hal tersebut tidak membuat anda terlalu terpuruk dengan kepedihan tersebut.

Itulah manfaat tersenyum bagi kesehatan. Sudahkah anda tersenyum hari ini? (NA)

 

Most Popular

To Top