Gaya Hidup

Pantai atau Gunung?

Ayonews, Jakarta

Lebih suka berlibur ke pantai atau kegunung? Anda mungkin sering mendengar pertanyaan itu. Beberapa orang pasti akan lebih memilih untuk menghabiskan waktu luang di pantai. Sementara sebagian lainnya lebih suka menikmati udara sejuk di gunung. Pilihan itu ditentukan oleh opini, hobi, dan kepribadian masing-masing orang lho.

Dalam suatu penelitian yang dipublikasikan di Journal of Research in Personality, ditemukan bahwa orang dengan kepribadian ekstrovert akan memilih pantai, sementara orang dengan kepribadian introvert akan memilih gunung sebagai tempat berlibur.

Ekstrovert – Pantai

Orang dengan kepribadian ekstrovert digambarkan sebagai pribadi yang mudah bergaul, atau mudah bersosialisasi.Sehingga mereka diduga akan lebih suka memilih tempat yang lebih cocok untuk melakukan aktivitas yang menghibur, serta banyak dikunjungi orang, karena orang ekstrovert suka menjadi pusat perhatian. Karena itu orang ekstrovert cenderung lebih memilih pantai sebagai tujuan berlibur. Pantai adalah tempat yang lebih ramai disbandingkan gunung. Di pantai juga lebih banyak orang yang bias diamati, diajak berbicara, dan diajak bermain.

Introvert – Gunung

Di sisilain, orang dengan kepribadian introvert digambarkan sebagai pribadi yang tertutup, dan tidak terlalu suka “gangguan” dari “dunia luar”. Sehingga, disimpulkan bahwa orang introvert cenderung memilih gunung untuk tujuan berlibur, bahkan sebagai tempat tinggal. Mereka juga dinilai lebih suka tinggal di dataran tinggi dibandingkan dengan dataran rendah. Gunung dianggap sebagai tempat yang lebih terpencil sehingga cocok untuk “mengisolasi” diri.

Sesekali bolehlah berlibur ke pantai, meski Anda lebih suka gunung, atau sebaliknya. Agar destinasi liburan lebih variatif, dan Anda tidak bosan. Selamat berlibur! (NA)

 

Most Popular

To Top