Gaya Hidup

Memudarnya Tradisi Mencium Tangan Orangtua

Ayonews, Jakarta

Seiring dengan perkembangan jaman saat ini manusia sudah mulai meninggalkan budaya-budaya  atau tradisi yang ada dalam masyarakat. Berbicara menenai tradisi, meskipun suku-suku di Indonesia memiliki perbedaan adat istiadat dan budaya tapi ada satu tradisi yang hampir semua suku menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu tradisi mencium tangan orang yang lebih tua.Tradisi mencium tangan orang yang lebih tua memang sudah mengakar dalam keseharian masyarakat Indonesia. Sebuah bentuk penghormatan dan gambaran budi pekerti luhur yang diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi.

 Dengan mencium tangan orang tua merupakan bentuk rasa hormat kita kepada orang arang tua, rasa hormat kepada orang tua ini juga sudah mulai luntur  dikalangan anak muda saat ini, entah apa penyebabnya, mungkin juga dikarenakan  pergaulan anak muda anak muda saat ini yang semakin hari semakin melenceng dari budaya atau adat ketimuran, hal inilah yang menyebabkan  sungkeman serta cium tangan orang tua sudah mulai ditinggalkan dan semakin hari semakin luntur, dalam sungkeman serta kebiasaan mencium tangan oarang tua tentunya terdapat restu oarang tua terhadap kita dan banyak orang  yakin bahwa restu tuhan tergantung pada restu orang tua, namun adat ketimuran seperti sungkeman dan mencium tangan orang tua saat ini sudah mulai tergerus oleh jaman.

Namun saat ini budaya cium tangan seolah sudah tergerus laju perkembangan jaman. Jarang sekali kita dapati seorang murid sekolah dasar misalnya, mencium tangan gurunya atau orangtuanya, sebagai bagian dari penghormatan. Secara keseluruhan, tampaknya budaya saling menghormati ini makin memprihatinkan di kalangan sebagian pelajar sekarang yang justru akrab dengan tawuran.Mulai hilangnya adat-adat kesopanan pada generasi pemuda ini membuat kita semakin prihatin dengan kondisi budaya saat ini, nilai-nilai kesopanan mulai tergerus jaman, karena banyak pemuda saat ini sudah mulai terpengaruh budaya barat atau terkena dampak westernisasi, oleh sebab itu kalangan pemuda kita sudah mulai meninggalkan budaya kesopanan ini.

Penyebab dari mulai ditinggalnya karena adanya perubahan sosial budaya dapat terjadi bila sebuah kebudayaan melakukan kontak dengan kebudayaan asing.Perubahan sosial budaya adalah sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat.Perubahan sosial budaya merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat. Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan, dalam hal ini budaya sungkeman dan mencium tangan orang tua mengalami kemunduran karena kebudayaan tersebut telah terkena dampak westernisasi dari budaya barat yang tidak menjujung tinggi nilai-nilai kesopanan dalam masyarakat.

Dalam hal ini tegerusnya budaya sungkeman dan mencium tangan orang tua juga dikarenakan anggapan bahwa tradisi tersebut adalah tradisi yang kuno, sehingga anak-anak muda pada era modern ini suah mulai meninggalkan budaya dan tradisi ini, akibatnya tradisi dan budaya ini sudah mulai jarang ditemukan dikalangan masyarakat.Seharusnya kita bangga dengan budaya sungkeman dan mencium tangan orang tua ini karena dalam tradisi ini sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan  dalam sebuah keluarga, dengan adanya tradisi ini mendidik anak-anak untuk mempunyai sifat dan sikap yang sopan terhadap orang tua, sehingga mereka tidak akan bersikap tidak sopan kepada orang tuannya.

Untuk itu sebagai genarasi pemuda penerus bangsa usahakan kita juga ikut serta dalam melestarikan budaya bangsa yang mulai luntur ini.agar budaya-budaya bangsa tetap melekat pada diri masyarakat, karena budaya-budaya ini merupakan identitas bangsa indonesia yang masih sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan dan kesopanan, sebagai generasi pemuda harus mampu menumbuhkan nilai-nilai kesopanan dalam masyarakat, selalu menghormati orang tua adalah bentuk dari rasa terimakasih kita kepada orang tua, untuk itu selalu junjung tinggi nilai-nilai serta budaya-budaya yang ada pada negara kita ini agar budaya-budaya kita tidak tergerus jaman yang serba modern ini, sehingga budaya kita dapat kita turunkan pada anak cucu kita kelak. (NA)

Most Popular

To Top