Gaya Hidup

Manfaat Acroyoga Bagi Kesehatan Tubuh

Ayonews, Jakarta

Acroyoga selain sudah menjadi olahraga yang tren dua tahun terakhir ini, olahraga ini juga mempunyai banyak manfaat kesehatan untuk tubuh seperti olahraga lainnya. Beberapa manfaat acroyoga yaitu sebagai berikut:

  1. Melatih kekuatan otot

Manfaat utama dari olahraga acroyoga yaitu melatih kekuatan otot. Beberapa yang otot yang akan terlatih kekuatannya yaitu otot besar. Gerakan acroyoga mungkin jika bagi orang yang belum pernah melakukannya akan menganggap sedikit ekstrim. Gerakan melayang atau terbang diatas kaki hal ini akan mengaktifkan otot-otot perut serta otot kemaluan. Untuk melakukan gerakan acroyoga maka perlu melakukan gerakan pemanasan terlebih dahulu yaitu yoga agar tidak terjadi cidera.

  1. Melatih keberanian

Banyak orang yang beranggapan bahwa acroyoga adalah olahraga yang sulit dilakukan serta menakutkan. Memang olahraga ini butuh keberanian dalam melakukannya sehingga dapat melatih keberanian dalam diri seseorang. Olahraga ini selain memberi manfaat fisik ternyata juga memberi manfaat mental yaitu tentang keberanian. Saat anda tidak berani mencoba maka anda harus melawan mental dalam diri anda bahwa diri anda sendiri bisa melakukannya asal yakin bahwa anda sendiri bisa melakukan.

  1. Pembentukan tulang

Gerakan acroyoga seperti kayang diatas kaki dapat menegakkan tulang punggung yang bungkuk. Hal ini bisa menjadi alternatif untuk menegakkan tulang belakang serta dapat mengurangi rasa sakit pada pinggang. Orang yang terbiasa melakukan gerakan ini akan mempunyai manfaat tubuh menjadi lebih enak dan ringan.

  1. Melatih kesabaran

Acroyoga merupakan olahraga perpaduan akrobatic dan yoga sehingga unsur yoga masih sangat kuat dalam olahraga ini. Saat melakukan gerakan-gerakan yang membutuhkan konsentrasi tinggi maka diperlukan juga kesabaran, maka hal ini akan bisa membantu melatih kesabaran anda. Gerakan seperti berdiri dengan satu kaki dengan mengangkat tangan keatas sering membuat orang yang melakukan gerakan ini gemetar serta jika gagal melakukannya bisa menimbulkan emosi.Pada saat gerakan ini maka instruktur akan memberikan motivasi serta arahan agar kita bisa lebih sabar serta bisa mengendalikan emosi.

  1. Meningkatkan fokus dan memori

Saat melakukan olahraga acroyoga dibutuhkan konsentrasi serta pikiran yang fokus sehingga gerakan akan berhasil dilakukan. Dengan pikiran fokus maka akan mendapatkan ekstra manfaat dari olahraga ini yaitu menghilangkan stress serta lebih menenangkan pikiran serta jiwa.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Olahraga ini juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Fisik yang terbiasa dengan gerakan acroyoga akan mengeluarkan keringat serta racun-racun didalam tubuh serta meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh.

  1. Menguatkan kaki serta menghilangkan ketegangan tubuh

Gerakan olahraga ini dapat menguatkan otot kaki sehingga kaki lebih kuat. Gerakan in juga bisa menghilangkan ketegangan tubuh setelah anda bisa melakukannya dengan rileks, maka tubuh anda akan menjadi lebih lentur serta pikiran menjadi lebih fresh.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba Acroyoga? (NA)

Most Popular

To Top