Gaya Hidup

Lemon, Buah Sejuta Manfaat!

Ayonews, Jakarta

Jeruk lemon mungkin termasuk jenis jeruk yang kurang banyak dikonsumsi dibandingkan dengan jenis jeruk lain, Jeruk lemon selama ini lebih banyak digunakan sebagai penambah cita rasa masakan dan untuk mempersegar minuman. Mengonsumsi jeruk lemon memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan, dapat mencegah berbagai penyakit, dan juga dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alami bagi bermacam penyakit. Bahkan buah ini dapat dimanfaatkan untuk membantu diet menurunkan berat badan. Berikut ini ulasan selengkapnya.

  • Menurunkan Risiko Terkena Stroke dan Serangan Jantung

Menurut American Heart Association, manfaat jeruk lemon bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak dan rutin ialah dapat menurunkan risiko seorang perempuan untuk terkena stroke otak. Jeruk lemon juga menurunkan risiko terjadinya serangan jantung karena manfaatnya yang dapat melindungi pembuluh darah dari penimbunan kolesterol.

  • Mencegah Penyakit Kanker

Salah satu penyebab terjadinya kanker di dalam tubuh adalah karena adanya radikal bebas yang berlebihan dan mengacaukan sistem tubuh. Buah jeruk lemon memiliki banyak antioksidan (vitamin C) yang dapat bekerja menangkal dan menetralisir radikal bebas tersebut sehingga melindungi tubuh dari terjadinya penyakit kanker.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Kolagen yang merupakan salah satu zat penyusun kulit manusia dipengaruhi oleh kadar vitamin C dalam tubuh. Pembentukan kolagen akan semakin baik dan optimal bila vitamin C yang di dalam tubuh dalam jumlah yang memadai. Ini artinya, manfaat jeruk lemon yang tinggi vitamin C akan memelihara kesehatan kulit, mengurangi kerutan kulit dan meningkatkan kualitas kulit.

  • Mencegah Sesak Nafas atau Asma

Manfaat lemon yang satu ini sangat berguna bagi mereka yang menderita asma. Risiko terjadinya asma dapat dicegah dengan konsumsi vitamin C yang mencukupi kebutuhan tubuh. Penelitian menunjukkan kelompok yang mengkonsumsi vitamin C yang cukup ternyata lebih jarang terkena serangan asma dibandingkan kelompok yang tidak mengkonsumsi vitamin C dengan teratur.

  • Meningkatkan Sistem Pertahanan Tubuh

Makanan yang tinggi akan vitamin C (salah satu jenis antioksidan yang paling bagus) akan mengoptimalkan sistem pertahanan tubuh sehingga membantu kita agar tidak mudah terkena penyakit. Disarankan untuk mengonsumsi lemon saat kondisi tubuh terasa tidak fit, sedang banyak aktivitas fisik yang berat dan saat cuaca dingin. Selain itu juga dapat membantu menyembuhkan sakit ringan semacam flu dan pilek, namun jika sudah mengonsumsi obat, konsultasikan dahulu dengan dokter apakah boleh makan jeruk lemon pada saat itu.

  • Melancarkan Metabolisme dan Membantu Detoksifikasi

Air lemon yang diminum pada pagi hari sebelum mengkonsumsi apapun sangatlah bagus untuk tubuh kita. Tentu saja air lemon yang diminum lebih baik tidak mengandung gula dan pemanis lainnya. Penelitian menyebutkan bahwa kondisi tubuh yang cenderung asam merupakan kondisi yang kurang baik untuk metabolisme tubuh. Sifat lemon yang dapat menetralisir asam ini sangat baik untuk meningkatkan laju metabolisme tubuh. Selain itu lemon juga akan membantu proses detoksifikasi yaitu membantu mengeluarkan zat tidak berguna dan berbahaya dari tubuh.

  • Melancarkan Pencernaan

Mengkonsumsi lemon pada pagi hari baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Hal ini sangat baik terutama bagi mereka yang mengalami konstipasi. Meminum air lemon pada pagi dan saat perut kosong dapat membantu memperlancar BAB. Sistem pencernaan yang lancar penting untuk melakukan program menurunkan berat badan, hal ini karena penyerapan nutrisi makanan dapat menjadi optimal.

  • Mempertahankan Rasa Kenyang

Lemon mengandung suatu zat yang disebut pektin. Zat pektin ini memiliki efek untuk menahan rasa lapar dan memperlama sensasi kenyang. Meminum minuman dengan sari lemon setiap hari akan membantu Anda untuk mempertahankan porsi makan Anda. Apalagi jeruk lemon mengandung sedikit kalori dan banyak serat yang bermanfaat untuk diet.

Manfaat jeruk lemon ternyata tidak sedikit. Selain di bidang kesehatan, jeruk lemon juga ternyata berguna untuk membantu program penurunan berat badan bila dikonsumsi setiap hari karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh, meregulasi rasa kenyang dan memperlancar pencernaan.

Bagaimana, apakah kini Anda semakin berminat mengkonsumsi jeruk lemon dalam jumlah yang lebih banyak daripada biasanya? (NA)

Most Popular

To Top