Gaya Hidup

Kebiasaan Orang Indonesia yang Aneh di Mata Warga Negara Asing

Ayonews, Jakarta

Dunia ini tak selebar daun kelor itu memang benar adanya. dunia ini berisikan berbagai macam suku bangsa, negara. kebiasaan – kebiasaan yang dilakukan oleh orang – orang dari belahan dunia lain pun pasti akan berbeda – beda. Berikut ini adalah beberapa pandangan “aneh” orang barat mengenai kebiasaan orang Indonesia

  1. Makan harus pake nasi

ini adalah suatu kebiasaan asing di mata para orang eropa ataupun amerika. tapi jangan bertanya pada orang indonesia. orang indonesia rutin mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat utama. bagi orang indonesia belum makan nasi sama saja halnya dengan belum makan. kadangkala makanan seperti mie yang merupakan sumber karbohidrat juga dimakan bersama nasi. bayangkan saja apabila kita mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang besar ini akan membuat kadar gula dalam darah kita akan tinggi. ini dikarenakan karbohidrat yang telah dipecah oleh tubuh akan menjadi gula, gula ini yang kemdian dipecah lagi sehingga menjadi energi. padahal kadar gula yang berlebih dalam darah bisa menyebabkan orang cepat merasa ngantuk. inilah kenapa banyak orang indonesia yang mengatakan “habis makan pasti ngantuk ya”

  1. Suka Sok Tahu dengan Masalah Orang lain

Ini adalah sikap yang berbeda dengan sikap yang dimiliki oleh orang Eropa maupun Amerika. dalam kehidupan bertetangga di Negara Eropa dan Amerika, mereka lebih menyukai menjaga privasi mereka dengan tidak mencampuri urusan orang lain. hal yang tabuh jika kita terlalu ikut mencampuri urusan orang lain yang berlebihan apalagi jika kita tidak mengenal orang itu. lain pula di Indonesia, di indonesia dengan kehidupan sosial yang masih kental. segala hal yang kita lakukan masih terikat kuat dengan nilai sosial yang ada. terkadang orang indonesia akan malu jika tidak bisa masak, tidak bangun pagi, atau ketahuan menyontek saat pelajaran karena pengaruh judgement yang masih kuat.

  1. Kegemaran membuang sampah sembarangan

Entah sudah jadi tradisi atau sebuah sifat yang sudah mendarah daging yang terjadi di negara ini. bahwa masyarakat indonesia memnag terkenal “TIDAK SUKA MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA”. bahkan yang paling miris adalah bahwa masih ditemukan sampah – sampah berserakan di dekat tong sampah yang sudah disiapkan oleh pemerintah. tentunya bukan sebuah reputasi yang bagus dicap masyarakat yang tidak mencintai lingkungan bukan?. memang benar adanya pandangan yang dilemparkan oleh warga negara asing tentang negara kita ini bahwa hidup bersih sehat dan selaras dengan lingkungan bukan menjadi faktor utama dalam keberlangsungan hidup di negeri ini. jadi wajar saja kalau kita masih sering melihat banjir di Ibukota atau tanah longsor dan bencana alam lainya akibat kerusakan alam.

  1. Kegemaran Orang Indonesia Foto dengan Bule Asing

sebenarnya kebiasaan orang indonesia sering meminta berfoto dengan orang asing adalah akrena menurut sebagian masyarakat indonesia dapat berfoto dengan bule merupakan kebanggan tersendiri. adalah hal yang lumrah membanggakan sebuah foto dengan adanya bule di dalamnya jika kamu orang Indonesia. tapi coba tebak? terkadang para bule ini emrasakan tidak nyaman karena seringkali diajak berfoto bersama sementara sebagian bule lain terlihat biasa saja dan cenderung menikmatinya.

  1. Merokok di tempat umum dan Minum Kopi Hitam secara berlebih 

Siapa yang tidak tahu bahwa di tahun 2015 Indonesia dinobatkan sebagai Negara dengan tingkat konsumsi tertinggi untuk jenis kelamin laki – laki. angka persentase yang diterima adalah bahwa 60% pria dewasa merupakan perokok aktif. ini berarti 6 dari 10 orang dewasa di negeri ini berpotensi terjangkit penyakit berbahaya dan juga berpotensi menyebabkan oprang lain terkena penyakit yang berbahaya. diketahui bahwa senyawa dalam tembangkau banyak yang mengandung zat krsiogenik yang berarti bahwa zat tersevut dapat memicu kanker. hal yang cukup mengherankan bagi masyarakat di luar negeri adalah bahwa orang Indonesia seringkali lebih mengutamakan kebutuhan rokoknya daripada memenuhi kebutuhan yang lainya. kemudian orang indonesia sangat suka menyeruput kopi hitam dimanapun berada ini dikarenakan kopi hitam sangat cocok sebagai teman santai, mengobrol dan juga teman merokok yang enak. ibarat kata bagai sayur tanpa garam sama halnya dengan bagai merokok tanpa kopi sama – sama tak enak. (NA)

 

Most Popular

To Top