Gaya Hidup

Inilah Alasan Kenapa Kita Tidak Boleh Berbohong

Ayonews, Jakarta

Ditinjau dari segi agama, selain berdosa bohong adalah ciri utama  orang munafik. Sedangkan jika dilihat dari kacamata bisnis, berbohong adalah pekerjaan para pecundang. Dalam dunia perdagangan, ada istilah “bisnis adalah kepercayaan, tanpa kepercayaan tidak ada bisnis”.

Hanya orang orang terpercaya dan tak pernah bohonglah yang akan berhasil dalam berbisnis. Menuai keuntungan dalam setiap perbuatan. Dalam dirinya melekat kepercayaan.

Lalu kenapa kita tidak boleh berbohong ?

Jika ada diantara anak anak kita mendengar atau mengetahui orang tua berbohong, maka berbohong mereka maknai sebagai sebuah kebenaran. Oleh sebab itu, sekali saja membohongi anak anak, maka akan datang suatu masa dimana  mereka dengan santainya  membohongi orang tua.

Berbohong membutuhkan energi yang luar biasa. Harus berjuang keras untuk melawan nurani. Harus mampu menghancurkan cahaya kebenaran dalam hati. Harus bisa meremukkan kesucian dalam kalbu. Sesungguhnya, seorang pembohong itu tidak akan pernah bisa berdusta pada dirinya sendiri.

Sebuah kebohongan harus diikuti oleh kebohongan kebohongan lain untuk menutupi kebohongan yang pertama. Tanpa kemampuan super untuk “konsisten berbohong” maka yang bersangkutan akan dengan mudah diketahui kebohongannya.

Jika seseorang sering berbohong maka masyarakat akan mencapnya sebagai “pembohong”. Jika label itu melekat, maka tak akan ada seorangpun yang mau mendengarkan perkataannya. Walaupun boleh jadi ia berkata benar.

Bagaimana? Apakah anda masih mau berbohong? (NA)

Most Popular

To Top