Internasional

Hari ini Filipina Gelar Pilpres Mengganti Benigno Aquino III

Ayonews, Manila

Jutaan warga Filipina ramai-ramai mendatangi tempat pemungutan suara untuk memilih presiden baru dan beberapa pejabat tinggi, Senin ini (9/5/2016). Filipina menggelar Pemilu untuk memilih presiden pengganti Benigno Aquino III.
Media Filipina mencatat, selama kepemimpinan Aquino, ekonomi Filipina rapuh. Angka kemiskinan sangat besar, diperparah dengan ketimpangan dan pemberontakan-pemberontakan.

Masalah terbaru adalah maraknya penyanderaan warga asing termasuk warga Indonesia oleh kelompok Abu Sayyaf di Filipina selatan.

Lima calon presiden bersaing untuk menggantikan Aquino dalam Pemilu hari ini. Salah satunya adalah calon presiden kontroversial, Rodrigo Duterte, yang tenar setelah menjadikan kasus pemerkosaan sebagai lelucon.

Lebih dari 45.000 kandidat lainnya bertarung untuk memperebutkan 18.000 kursi pejabat tinggi, termasuk kursi kongres. Pemilu Filipina sebelumnya telah dinodai oleh kekerasan dan tuduhan kecurangan, khususnya di daerah pedesaan.

”Mari kita tunjukkan kepada dunia bahwa meskipun ada gairah yang mendalam dan dukungan untuk calon kami, kami dapat mengadakan pemilihan yang damai dan tertib dan mencerminkan semangat demokrasi,” kata Aquino, yang masa jabatan presiden enam tahun-nya berakhir pada bulan Juni 2016, seperti dikutip Philstar.(***)

Most Popular

To Top