Gaya Hidup

Cara Menghilangkan Gugup Saat Berbicara di Depan Umum

Ayonews, Jakarta

Berbicara memang mudah, siapa saja mampu melakukannya. Tetapi berbicara di depan umum terkadang terasa sangat sulit dilakukan. Banyak yang selalu merasa gugup ketika sedang berbicara di depan umum. Dibalik kesuksesan seorang pembicra di depan umum ternyata mereka menggunakan trik-trik jitu ada tidak gugup berbicara. Berikut ini beberapa cara agar tidak gugup berbicara di depan umum :

1. Kuasai materi
sebelum berbicara di depan umum pastikan ana sudah menguasai materi, jangan sampai tidak, karena hal ini bisa membuat sebuah boomerang yang akan membuat anda merasa minder selamanya.

  1. Hindari kontak mata.
    Hindari kontak mata dengan para audience, karena hal tersebut dapat membuat anda menjadi sangat gugup karena semua mata ternyata memandang ke arah anda saat sedang presentase. jangan pula anda memalingkan wajah anda ke arah audience, cukup dengan memandang mereka di bagian jidat itu sudah cukup aman membuat anda tidak gugup.
  2. Olah nafas
    Saat sedang gugup nafas kita menjadi cepat dan tidak beraturan, olehnya itu usahakan agar nafas tetap stabil saat berbicara di depan umum. Ada beberapa cara mengolah nafas, seperti olahraga teratur. Namun jika anda tak punya waktu untuk olahraga rutin, anda dapat berlatih nafas beberapa menit sebelum mulai tampil di depan umum.

  1. Latihan kontinue
    Pembicara profesional saja butuh latihan. Jangan pernah menganggap mereka yang sudah sering tampil di muka umum tidak pernah merasa gugup. Berlatihalah beberapa hari sebelum tampil di depan umum berbicara, anda dapat berlatih didepan cermin maupun di kamar anda secara teratur dan terus menerus. Mempelajari teori tanpa praktek itu percuma. (NA)

Most Popular

To Top