Gaya Hidup

Bahaya Meletakan Handphone di Bawah Bantal Saat Tidur

Ayonews, Jakarta

Handphone telah menjadi suatu hal yang sangat populer di era modern ini dan dimiliki hampir setiap orang. Seringkali kita sampai lupa waktu pada saat menggunakannya, bahkan pada saat tidur pun kita tak ingin jauh-jauh dari handphone. Tahukah Anda bahwa handphone memiliki radiasi yang kuat? Efek tersebut dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita, meskipun tak kita rasakan seketika itu. Para ahli kesehatan sangat menyarankan agar pada saat tidur kita mematikan lampu, serta menjauhkan benda-benda yang bisa menimbulkan efek cahaya , seperti handphone kira-kira 1 hingga 2 meter dari jarak kita tidur. Dengan begitu, hal tersebut akan membantu kita terhindarkan dari resiko paparan radiasi yang berlebihan yang dapat menimbulkan efek tak menyehatkan bagi tubuh, seperti :

  1. Gangguan Insomnia

Meletakkan handphone terlalu dekat dengan posisi kita tidur, terutama di bawah bantal akan dapat mengganggu tidur. Hal ini terjadi karena kita akan sering terjaga manakala terdengar nada-nada yang keluar dari handphone tersebut, misalnya saja karena adanya panggilan atau pesan-pesan masuk. Selain itu, hal tersebut juga cenderung menyebabkan kita untuk ingin selalu menyentuh dan mengoperasikannya.

  1. Meningkatkan Resiko kanker

Seseorang yang terbiasa meletakkan handphone di bawah bantal pada saat ia tertidur dapat menyebabkan gangguan sistem saraf pusat. Hal ini disebabkan karena pada saat itu posisi otak berada di atas bantal yang di bawanya terdapat handphone yang memancarkan radiasi elektromagnetic.

  1. Merusak sel-sel otak

Paparan radiasi dari handphone dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak, terutama pada anak-anak. Hal ini dikarenakan  anak-anak 50% lebih mudah menyerap lebih banyak gelombang elektromagnetik daripada orang dewasa. Dimana tengkorak mereka lebih tipis dan lebih kecil, sehingga gelombang electromagnetic lebih mudah menembus ke otak mereka. Dengan rusaknya sel-sel otak, akan dapat meningkatkan resiko terjangkitnya berbagai jenis penyakit seperti tumor otak, Alzheimer, autisme, masalah pada perilaku mereka.

  1. Masalah infertilitas dan Keguguran

Paparan radiasi ponsel atau handphone juga dapat mempengaruhi produksi sperma pada seorang pria. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada  tingkat kesuburannya. Selain itu, meletakan handphgone di bawah bantal saat tidur juga dapat menyebabkan keguguran pada wanita hamil. Mengapa begitu? Setiap organisme yang hidup memiliki sel-sel yang dikelilingi oleh medan electromagnetic dan beberapa organ tubuh seperti otak memiliki medan magnet sendiri yang memiliki peranan penting dalam proses pembelahan sel sangat cepat dan diferensiasi terjadi pada janin. (NA)

Most Popular

To Top