Gaya Hidup

Acroyoga, Olahraga yang Menyehatkan dan Kekinian!

Ayonews, Jakarta

Kini gaya hidup sehat tengah digemari. Semakin banyak orang menyadari pentingnya makan makanan sehat seperti mengonsumsi sayuran organik dan berolahraga. Olahraga seperti lari, zumba, dan yoga termasuk dalam deretan aktivitas membakar lemak yang belakangan banyak digemari baik pria maupun wanita. Dari sekian jenis olahraga yang sedang populer itu acroyoga adalah salah satunya.

Apa sebenarnya acroyoga? Acroyoga merupakan salah satu jenis yoga dari India. Acroyoga sendiri berasal dari kata acrobatic dan yoga, dimana beberapa gerakan acroyoga terlihat seperti akrobat contohnya ‘terbang’ dan jungkir balik. Terdapat tiga unsur dalam acroyoga yakni acrobatic, yoga dan terapi, dimana tiga unsur tersebut dapat dijadikan sebagai terapi kesehatan pada tubuh. Selain berfungsi untuk menyehatkan tubuh, acroyoga juga bermanfaat untuk pembentukkan tulang belakang menjadi lebih tegak.

Olahraga yang sudah ada sejak zaman dahulu ini, pada awalnya banyak dilakukan oleh orang-orang India. Akan tetapi meski banyak dilakukan oleh warga India, sekolah acroyoga pertama kali justru berada di Montreal, Kanada pada tahun 1980an.

Dahulu banyak orang merasa bahwa acroyoga terlalu menakutkan dan membahayakan tubuh dengan gerakan-gerakan yang dilakukan. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman, kini banyak orang mulai tertarik dengan acroyoga, karena setelah mereka mencoba justru banyak yang senang dan ingin melakukannya lagi. Selain memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan, acroyoga juga dapat menjadi sebuah seni dengan menciptakan gerakkan-gerakkan indah yang berasal dari tubuh.

Biasanya acroyoga dilakukan oleh dua orang, akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga dilakukan oleh tiga sampai empat orang. Dalam acroyoga, orang yang berada di bawah disebut sebagai pondasi atau base dan yang di atas disebut dengan flyer. Untuk orang yang ingin melakukan acroyoga diwajibkan terlebih dahulu untuk latihan yoga selama empat minggu. Waktu yang dihabiskan untuk melakukan acroyoga biasanya tak kurang dari 60 menit. (NA)

Most Popular

To Top