Hukum & Kriminal

Menpora Minta 14 Pelaku Pemerkosaan & Pembunuhan di Bengkulu Dikebiri

perkosa1

Ayonews, Jakarta

Para pelaku pemerkosaan keji terhadap seorang gadis SMP Rejang Lebong, Bengkulu harus dihukum berat. Sebab, hukuman yang ringan hanya membuat banyak korban berjatuhan.

“YY sudah menjadi korban. Jangan salahkan YY, tapi salahkan pelaku, apalagi 14 orang. Menurut saya tak cukup hanya dihukum berat. Rencana dari beberapa, Kementerian Perempuan dan Anak serta  Sosial mengusulkan Jaksa Agung agar ada hukuman kebiri,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi usai menghadiri acara Nusantara Mengaji di Mesjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, Kamis (5/5/2016).

Menurut Imam, salah satu opsi yang harus ditegakan adalah hukuman kebiri. Karena kalau tidak akan makin menambah korban-korban lainnya.

Imam mengingatkan kepada para orang tua agar berperan aktif dalam melindungi anak mereka. “Jangan sampai orang tua justru lalai hingga anaknya menjadi korban kekerasan.Dijaga dengan baik, nggak boleh dibiarkan mereka terancam,”  ujarnya.

Menurut Imam, faktor orangtua belum cukup. Hukum juga harus ditegakkan dan harus maksimal. “Jadi tidak boleh kita setengah-setengah pada pelaku. Apalagi minuman keras atau pengedar narkoba. Saya kira pabrik minuman keras harus ditindak aparat penegak hukum. Kalau jadi pembiaran maka korbannya adalah anak Indonesia, generasi muda korbannya,” tandas Imam.

Kasus pemerkosaan itu terjadi pada Sabtu (2/4) lalu di Rejang Lebong, Bengkulu. Korban diperkosa oleh pelaku sebanyak 14 orang usai meminum tuak. Setelah diperkosa, gadis itu dibunuh dan dibuang di semak-semak.

Jasad korban baru diketahui warga dua hari kemudian pada hari Senin (4/4). Sebanyak 12 pelaku telah ditangkap polisi, sementara 2 lagi masih buron.

Dari mereka yang sudah ditangkap, sebanyak tujuh orang anak yang masih di bawah umur sudah disidangkan dengan tuntutan 10 tahun penjara. Sisanya masih proses.(***)

Most Popular

To Top