Ekonomi

Nggak Perlu Nuntut Gaji Tinggi, Nanti Pemerintah Bantu Buruh Punya Tabungan & Investasi

images-46

Ayonews, Jakarta
Menanggapi aksi May Day, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan yang terpenting bukanlah meminta kenaikan upah, namun meningkatkan produktivitas agar laju inflasi dapat ditekan.

“Yang paling penting bukan memaksakan kenaikan upah, tapi bagaimana pemerintah membantu buruh supaya mereka punya uang untuk ditabung, untuk investasi. Buat apa naik gaji tapi inflasi tinggi?” ujar Ahok kepada wartawan di rumahnya di kawasan Pantai Mutiara, Jakarta Utara, Minggu (1/5/2016).

Menekan laju inflasi DKI masuk dalam salah satu target millenium development goals (MDG). Salah satu upaya menekan laju inflasi, menurut Ahok, salah satunya  dengan mengoperasikan bus TransJ Bekasi-Tangerang.

“Itu kan untuk menurunkan biaya hidup anda. Termasuk operasi pasar, beras, gula, minyak sayur dengan merek Food Station (Food Station Tjipinang-red) dan RPTRA (Ruang Publik Terbuka Ramah Anak) itu dalam rangka menekan biaya hidup Anda, termasuk BPJS dan KJP serta KJS,” jelas Ahok.

“Jadi bukan nuntut naik gaji. Karena (kalau) kami gagal menekan inflasi, ini yang menjadi bencana. Inflasinya tinggi, kamu tidak bisa hidup, kamu minta naikin gaji. Biaya produksi barang kamu tinggi, bisa gak kamu bersaing di masyarakat ekonomi dunia? Gak bisa,” sambungnya.

Ahok pun memberi saran kepada para buruh yang saat ini tengah berdemo agar upah mereka dapat kembali dinaikkan. “Sekarang bagaimana caranya produktivitas kamu tinggi, biaya hidup kami tekan, biayanya jadi murah sehingga anda dapat gaji yang tidak besar pun, sisanya banyak,” kata dia.

Hari buruh yang diperingati dengan long march ini tak terlalu dipusingi Ahok. Pasalnya, massa buruh sudah berjanji akan menjalankan aksinya dengan tertib dan damai.

“Hari May Day sudah dijamin mereka tidak akan anarkis, ya sudah. Kita percaya sama mereka saja. Kita terima kasih aparat telah menjaga dengan baik,” kata Ahok.

“Saya kira ya, sekadar hari libur ya silakan karena hari libur juga, tidak akan macet,” tutupnya.(***)

Most Popular

To Top