Nasional

Ini Nama-nama WNI yang Dibebaskan Kelompok Abu Sayyaf

images-34
Ayonews, Manila
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) membenarkan bahwa 10  awak kapal Brahma 12 yang disandera kelompok Abu Sayyaf telah dibebaskan.

Menurut Sutiyoso, para sandera  dilepas  dengan cara di-drop  di luar rumah Gubernur Sulu di Jolo, ibu kota Provinsi Sulu, pada Minggu (1/5/2016) siang.

Sutiyoso mendapat kabar langsung dari Kepala Polisi Sulu Superintenden Wilfredo Cayat kepada media Filipina, Inquirier, Minggu (1/5/2016).

“Kami diberitahu ada orang-orang tak dikenal yang men-drop warga Indonesia di depan rumah Gubernur Sulu (Abdusakur) Totoh Tan (II),” kata Kepala Polisi Sulu Superintenden Wilfredo Cayat kepada Sutiyoso.
Setelah dilepaskan, lanjut Sutiyoso, 10 WNI itu diajak masuk ke ke dalam dan diberi makan. Mereka dibawa masuk ke dalam, mereka diberi makan oleh Gubernur Tan.

Kemudian Gubernur Tan menyerahkan para WNI dana akan dibawa  10 orang itu ke Zamboanga. “Langkah selanjutnya polisi akan menyerahkan mereka ke petugas kekonsuleran negara RI,” ujarnya.

 

10 WNI itu merupakan ABK dari kapal Brahma 12 yang dibajak penyandera. Mereka dibajak di perairan Sulu pada 26 atau 28 Maret lalu.

Polisi Filipina sebelumnya menyebut 10 orang itu bernama:

1.Peter Tonson
2.Julian Philip
3.Alvian Elvis Peti
4.Mahmud
S.Surian Syah
6. Surianto
7. Wawan Saputria
8. Bayu Oktavianto
9. Reynaldi
10. Wendi Raknadian

Seorang sumber menyebut bahwa permintaan tebusan sebesar 50 juta peso atau 1 juta dollar AS telah dibayarkan kepada penyandera.

“Mereka diperkirakan akan dibebaskan antara Jumat dan Sabtu di sebuah tempat Kota Luuk,” kata sumber media Filipina Inquirer.(***)

Most Popular

To Top