Megapolitan

Hindari Demo May Day, Dirlantas Polda Terapkan Pengalihan Arus Lalin di Beberapa Titik Ibukota

unduhan (11)

Ayonews, Jakarta

Puluhan ribu massa buruh bakal turun ke jalan-jalan ibukota memperingati May Day 1 Mei  Minggu ( 1/5) besok. Aksi buruh itu bersamaan dengan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day.

Karena itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan skema pengalihan arus lalu lintas. 

Berikut,  wilayah yang akan diberlakukan pengalihan arus di antaranya trafic light Harmoni dan sekitar Istana Negara, Bundaran Air Mancur atau Monas, Kebon Sirih-Sarinah, Bundaran HI, serta sekitar Gedung DPR MPR RI.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Risyapudin Nursin mengatakan, pengalihan arus tersebut juga menyesuaikan dengan pelaksanaan car free day yang berlangsung dari pukul 06.00 hingga 11.00.

“Pengalihan arus di sini peserta dari peringatan May Day itu tak dibolehkan melalui jalur Sudirman-Thamrin,” kata Risyapudin, Sabtu (30/4/2016).

Rencananya pengunjuk rasa akan berkumpul di patung kuda sekitar pukul 08.00 WIB untuk menyampaikan aspirasinya, di beberapa titik yakni istana negara, Gedung DPR MPR dan Gelora Bung Karno sebagai titik terakhir.

Pengaturan lalu lintas yang dilakukan yakni di traffic light Harmoni dan sekitar istana negara arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Suryo Pranoto yang ingin menuju Jalan Sudirman-Thamrin diluruskan ke arah Jalan Juanda atau dialihkan ke kiri ke Jalan KH. Hasyim Ashari – Grogol – Jalan S. Parman maupun Daan Mogot.

Sedangkan untuk kendaraan yang datang dari arah Hayam Wuruk menuju Jalan Sudirman-Thamrin dialihkan ke kiri menuju Jalan Juanda – Jalan Pos – DR. Sutomo – Gunung Sahari, dan seterusnya.

Kemudian arus kendaraan dari Medan Merdeka Utara yang menuju ke arah TL Oteva akan diputar balikkan ke arah Veteran 1. Dan dari Veteran 1 menuju ke arah harmoni akan putar balikkan menuju Jalan Juanda lanjut ke arah Pasar Baru.

Arus kendaraan dari Medan Merdeka Timur dibelokkan menuju Jalan Perwira.   Di Bundaran Air Mancur atau Monas, arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Abdul Muis menuju Medan Merdeka Barat atau Jalan Sudirman-Thamrin akan dialihkan ke arah Jalan Abdul Muis – Jalan Facherudin, dan seterusnya. Arus kendaraan yang datang dari arah Kwitang Senen menuju Monas akan diputar balikkan melalui Gunung Agung atau melalui Medan Merdeka Timur, Gambir dan seterusnya.

Pengaturan di Kebon Sirih dan Sarinah, yakni arus kendaraan yang datang dari arah Abdul Muis menuju Kebon Sirih dialihkan ke arah Jalan Facherudin – KH Mas Mansyur dan sebagainya.

Sedangkan untuk arus kendaraan yang datang dari arah Agus Salim dialihkan ke kanan Kebon Sirih – Tugu Tani, dan sebagainya. Sementara di Bundaran HI arus kendaraan yang datang dari arah Sudirman ke arah Bundaran HI dialihkan ke Jalan Tanjung Karang – Kendal – Latu harhari, atau Tanjung Karang belok ke kiri Blora – Kembali lagi ke Jalan Sudirman Arah Semanggi.

Arus kendaraan yang datang dari arah Kendal menuju ke Tanjung Karang akan ditutup dan dialihkan ke arah Blora – ke kiri Sudirman Arah Semanggi.

Sedangkan arus kendaraan dari Imam Bonjol dibelokkan menuju Jalan Pemekasan. Pengaturan di aekitar Gedung MPR DPR RI yakni traffic light Lapangan Tembak, kendaraan massa yang datang dari Jalan Asia Afrika diarahkan balik arah kembali ke Jalan Asia Afrika atau lurus ke arah Pospol Palmerah.

Kemudian di Fly over Senayan, kendaraan massa dari arah timur diarahkan belok kiri ke Jalan Gerbang Pemuda, dan tidak ada yang lurus menuju depan Gedung DPR MPR RI.

Sedangkan untuk kendaraan massa dari arah selatan diarahkan lurus naik fly over menuju Semanggi atau balik arah melalui kolong fly over menuju lapangan tembak. Di Semanggi, Kendaraan massa dari arah timur diarahkan belok kiri ke arah Bundaran Senayan dan tidak ada yang lurus ke arah barat.

Untuk kendaraan massa dari arah selatan diarahkan lurus ke arah utara Bundaran HI, sedangkan dari arah utara diarahkan lurus ke arah Bundaran Senayan. Pospol Palmerah, kendaraan massa dari arah utara seperti Pejompongan atau Manggala akan diarahkan lurus ke arah Permata Hijau.

Most Popular

To Top