Nasional

Warga Maluku yang Kibarkan Bendera RMS DI HUT RMS Akan Dijerat Pidana Makar

images-30

Ayonews, Ambon

Setiap menjelang tanggal 25 April, aparat keamanan, baik polisi san TNI di wilayah Maluku langsung siaga penuh. Sebab, tanggal tersebut merupakan  Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Maluku Selatan.

Kepolisian Daerah Maluku meminta masyarakat untuk tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta tidak terpengaruh oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Kami mengimbau agar masing-masing warga dapat menjaga situasi kamtibmas dengan baik, jangan mudah terpengaruh dengan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” kata Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Sulaiman Waliulu, Minggu (24/4/2016).

Sulaiman mengingatkan warga agar tidak melakukan berbagai tindak kejahatan maupun perbuatan melawan hukum seperti menjual minuman keras, kebut-kebutan di jalan dan aksi kejahatan lainnya yang dapat mengganggu situasi keamanan di Kota Ambon dapat terganggu.

Sulaiman menegaskan, polisi akan menindak tegas jika ada warga yang terbukti mengibarkan bendera “benang raja” saat HUT RMS nanti.

“Mereka yang melakukan itu (mengibarkan bendera) dapat dijerat dengan ancaman hukuman pidana makar karena dapat menggangu kamtibmas,” tutur Sulaiman.

Masyarakat juga diharapkan saling menghargai dan mengingatkan agar tidak mudah terpengaruh dengan hasutan atau ajakan untuk mendukung tindakan atau aksi separatis dengan mengibarkan bendera RMS.

Tindakan itu, lanjutnya, menentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat khususnya masyarakat di kota Ambon dan sekitarnya.

“Aparat kepolisian akan melaksanakan pengamanan di tempat-tempat khusus yang rawan aksi pengibaran bendera RMS dan tempat-tempat rawan lainnya,” katanya.(***)

Most Popular

To Top