Hukum & Kriminal

Nggak Tahan Kelaparan di Hutan, 1 Anak Buah Santoso Menyerahkan Diri

fWLbO0EsvYzpr1W5QJMB6uxXE0dD1hDbZaEWP_KoTY8YKf2dWoQp7K3FAg5QzwpdyiOqcR5Qa6YFBaJjeoY9pqcNMeeatYO7uIghUOLvupvHOsWMHx9Ch1m3DTmC1vXDkFvDMKcZ4ULOsfMnzoUteJdqbMPRxWQ9rq-klgUkgAHOct31gK_q=w505-h291-nc

Anak buah Santoso, Irfan Maulana alias Akil

Ayonews, Jakarta

Kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MTI) pimpinan Santoso alias Abu Wardah makin terpojok. Satu persatu anggota mereka tertangkap dan menyerahkan diri. Sepekan sebelumnya dua anggota mereka tertangkap,

Dikabarkan, Jumat kemarin satu lagi pengikut Santoso turun gunung dan menyerahkan diri. Dari informasi yang didapat, pengikut Santoso yang menyerahkan diri itu bernama Irfan Maulana alias Akil.

Dia menyerahkan diri ke pos Satuan Tugas operasi Tinombala gabungan Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian RI di Dusun Tamanjeka, Desa Masani, Kecamatan Poso Pesisir, Poso, Sulawesi Tengah pada Jumat (22/4/2016) malam. 

“Proses serah terima dilakukan di Desa Uweralulu selepas Maghrib,” kata seorang petugs di Tamanjeka, Poso, Minggu (24/4/2016). Letak Desa Uweralulu ini persis di bawah Dusun Tamanjeka.  

Sebelum menyerahkan diri Akil sempat menemui istri dan mertuanya yang tinggal di Tamanjeka. “Setelah dari Tamanjeka itulah kemudian dia (Akil) menyerahkan diri,” kata dia.


Malam itu aparat langsung menjemput Akil. Penjemputan sengaja dilakukan pada malam hari agar tak menjadi menjadi perhatian warga. Akil kemudian dibawa ke Posko Satgas Tinombala TNI-Polri di jalan Pulau Roti Gebangrejo, Kecamatan Poso Kota, Poso.

Saat ini aparat masih mendalami peran dan keterlibatan Akil dalam jaringan kelompok Santoso. 

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Ajun Komisaris Besar Hari Suprapto mengaku sudah mendenar informasi tersebut. Namun pihaknya belum bisa memberikan informasi resmi dan detail soal penyerahan diri Akil ini. 

“Saya masih belum bisa memberikan informasi secara resmi karena semua masih didalami. Meski demikian kami mengapresiasi kepada pada DPO yang mau menyerahkan diri,” kata Hari saat dikonfirmasi detikcom. 

Sebelumnya, pada Jumat (15/4/2016) lalu dua anggota kelompok Santoso yakni Ibadurrahman alias Ibad alias Amru dan Muhammad Sulaeman alias Sul alias ifan tertangkap. 

Setelah keduanya ditangkap,  anggota kelompok Santoso yang masih bertahan di hutan di Penungan Biru, Poso tinggal 27 orang. Setelah kini Irfan menyerahkan diri, maka anggota kelompok MIT tinggal 26 orang. Mereka terdiri dari 23 laki-laki dan 3 perempuan. (***)

Most Popular

To Top