Korupsi

Sukses Berikan Informasi Keberadaan Koruptor Kakap di Luar Negeri, Peran BIN Harus Dimaksimalkan

images-12

Ayonews, Jakarta  

 Badan Intelijen Negara (BIN) telah terbukti mampu menguntit dan memberikan informasi penting soal posisi buronan koruptor di luar negeri. Karena itu,  peranan lembaga sandi negara itu harus dimaksimalkan.

Pemulangan buronan kasus BLBI, Samadikun Hartono yang dibantu BIN dinilai kerja positif dalam mengoptimalkan perburuan para buron. 

“Cara kerja BIN yang senyap dapat mengintai lokasi dari para buron di luar negeri. Mereka bekerja layaknya detektif swasta yang melakukan investigasi tidak resmi untuk memperoleh informasi,” ujar Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana, Sabtu (24/4/2016).

Peran BIN disebut sangat signifikan dalam pelacakan posisi buronan. BIN juga berkoordinasi dengan negara setempat untuk melakukan penangkapan buronan oleh otoritas yang bersangkutan. 

“BIN dalam konteks ini harus bekerjasama dengan otoritas setempat bahkan melibatkan Polri dan Central Authority yang merupakan unit satu pintu untuk urusan ekstradisi dan bantuan timbal balik hukum,” sambungnya. 

Selain itu kepolisian menurut Hikmahanto juga perlu dilibatkan dalam pemulangan buron. Polisi bisa memastikan buronan tak diperlakukan ‘istimewa’.

“Agar dalam pemulangan para buron mereka dalam keadaan diborgol dan dalam status pesakitan. Sehingga reaksi negatif atas pemulangan Samadikun Hartono yang mendapat kesan perlakuan istimewa tidak lagi terjadi,” imbuhnya.(***)

Most Popular

To Top