Ibukota

Tahun Depan Tak Ada Metromini atau Kopaja, Ahok Mau Buang Bus-bus Reyot ini ke Laut

images-10

Ayonews, Jakarta 

Bus-bus angkutan umum baru akan terus diperbanyak oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Menurut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, pengadaan bus-bus itu untuk menggantikan bus-bus reyot Metromini dan Kopaja di Jakarta pada tahun depan.

“Tahun depan seluruh bus Metromini, Kopami, Kopaja (yang reyot) sudah tidak akan ada lagi, bila kita berhasil mengendalikan semua dengan baik,” kata Ahok dalam peluncuran bus Trans Jakarta khusus wanita, di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Rencananya, Kopaja dan Metromini akan diintegrasikan dengan Trans Jakarta. Selain itu, pengadaan bus-bus baru juga bakal menggantikan bus-bus reyot itu, dengan tarif Rp 3.500,00. saja, bahkan ada pula yang gratis. Selain bus, ke depan bakal ada moda transportasi umum yang lain lagi.

“Jakarta punya pilihan, yang tidak macet. Nanti ada LRT (Light Rail Transit) dan MRT (Mass Rapid Transit),” kata Ahok.

Untuk hari ini, bus wanita berjuluk ‘Pinky’ diluncurkan. Rencananya jumlah bus Scania rakitan Ungaran Jawa Tengah ini akan digenapkan menjadi 10 unit. 

“Bus ini enggak ada hubungannya dengan emansipasi wanita, tapi kita luncurkan pas Hari Kartini,” kata Ahok soal bus wanita.Soal bus-bus baru, akan ada pula penambahan armada untuk Transjabodetabek.

Kepala Dinas Perhubungan Andri Yansyah menyatakan sudah ada 246 bus dari Perum Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD) yang sedang beproses untuk beroperasi. Nantinya, bus itu bakal dikerjasamakan dengan PT Trans Jakarta sebagai bus Transjabodetabek. “Sebanyak 246 sudah oke. STNK dan kir sudah jalan,” kata Andri.

Rencananya, 354 bus akan diluncurkan pula pada Mei mendatang. Dengan demikian, akan genap 600 bus yang menjadi armada Transjabodetabek.(***)

Most Popular

To Top