Gaya Hidup

Kado di Hari Kartini, Ahok Luncurkan ‘Bus Pinky’ Khusus Kaum Hawa

images_1

Ayonews, Jakarta 

Di hari Kartini ini, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok bikin surprise buat kaum perempuan ibukota. Sebuah bus angkutan umum berwarna pink bertuliskan ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ dipersembahkan sebagai ‘kado’ untuk kaum perempuan Ibu Kota di Hari Kartini.

“Hari Kartini kita mulai meluncurkan bus Trans Jakarta yang khusus wanita,” kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta yang juga istri Ahok, Veronica Tan bertindak selaku peluncur bus. Berkebaya putih, dia memberi aba-aba menggunakan bendera Trans Jakarta. 

Bus khusus wanita yang diluncurkan dari Balai Kota adalah bus gandeng (articulated) berwarna dominan merah jambu.  Bus dengan Scania ini dijuluki ‘Bus Pinky Satu bus ini juga dikemudikan oleh seorang pengemudi wanita. Si Pinky ini seperti bus gandeng Trans Jakarta lainnya, berkapasitas 38 kursi tempat duduk dan 80 penumpang berdiri.

Sebagian besar kursi menghadap ke depan, meski bagian belakangnya ada pula yang berposisi berhadap-hadapan. Semua kursi menggunakan busa cukup empuk. Bus yang diluncurkan dari Balai Kota ini mempunyai rute Blok M-Kota (Koridor 1) dan langsung meluncur beroperasi. 

Ahok, Veronica Tan, dan Direktur Utama PT Trans Jakarta masuk mengecek bus ini. Untuk peluncuran kali ini, di dalamnya ada petugas Trans Jakarta yang kesemuanya perempuan.(***)

Most Popular

To Top