Entertainment

Sidik Jari Sebagai Pengganti Uang Tunai?

Ayonews, Jakarta

Musim panas ini, pemerintah Jepang mulai menguji sistem baru yang memungkinkan para wisatawan asing memverifikasi identitas mereka beserta membeli barang maupun jasa hanya dengan menggunakan sidik jari saja.

Hal ini dikarenakan untuk menjelang Olimpiade Tokyo 2020 dan Paralimpiade, Jepang mencoba untuk mencegah terjadinya kejahatan dan juga menghilangkan kecemasan para turis dalam membaca uang tunai Jepang.

Percobaan tersebut akan menggunakan scanner sidik jari yang akan ditaruh di berbagai pusat-pusat wisata bertotal 300 toko souvernir, restoran, hotel dan perusahaan lainnya. Meski begitu, berdasarkan peraturan pemerintahan yang berlaku turis tetap harus memperlihatkan paspor ketika check-in hotel.

Dikabarkan bahwa Huis Ten Bosch theme park di Nagasaki pun memperkenalkan sistem sidik jari ini dan berkerja dengan sangat baik, hingga juru bicara perusahaan pun mengatakan bahwa Jepang akan menguji sistem bagi warganya sendiri yang memungkinkan bagi mereka untuk menarik uang dari ATM dan merupakan upaya dalam meningkatkan keamanan juga mengurangi kasus penipuan transaksi dengan kartu curian. (NA)

Most Popular

To Top