Gaya Hidup

Alasan Mengapa Nyamuk Takut Hujan dan Asap Tebal

Ayonews, Jakarta

Pada pertemuan Division of Fluids Dynamics di San Diego, Amerika Serikat, para peneliti dari Georgia Institute of Technology memperesentasikan hasil penemuan mereka yang terkait dengan nyamuk.
nyamuk
Andrew Dickerson mengatakan bahwa kabut serta air hujan memiliki pengaruh yang berbeda terhadap kecepatan si nyamuk yang terkena. Jika nyamuk kejatuhan air hujan, maka dia hanya seperti mengalami kecelakaan kecil sehingga tidak akan mempengaruhi kecepatannya, namun kecepatan akan menurun ketika asap tebal yang menyerangnya.
Penjelasan yang diberikan para peneliti itu adalah bahwa air hujan tidak terus-terusan berinteraksi dengan tubuh nyamuk sehingga ia hanya mendapat sedikit gangguan, namun kabut atau asap tebal akan terus menyelubungi tubuhnya sehingga tidak dapat dihindari. Padahal partikel dari kabut memiliki bobot 20 juta kali lebih ringan ketimbanga massa seekor nyamuk, namun partikel tersebut kerap ada ketika ia terbang sehingga menganggu kendali terbang si nyamuk.

Bisa dikatakan bahwa alasan mengapa nyamuk benci hujan dan terutama asap tebal karena halteres yang merupakan pengendali terbang utama pada nyamuk tidak berfungsi optimal sehingga binatang kecil tersebut merasa ling-lung. (NA)

Most Popular

To Top