Korupsi

Buronan BLBI Samadikun Hartono Ditangkap Saat Nonton F1 di Sanghai China

BY

Bang Yos mendapat info intelijen Buronan BLBI akan nonton F1 Sanghai

Ayonews, Berlin

Penangkapan Buronan BLBI Samadikun Hartono bukan sekadar kebetulan atau menyerahkan diri seperti kabar yang beredar. Mantan Komisaris Utama Bank Moderen itu buron sejak tahun 2003 dan memiliki utang 169,4 miliar dan sudah divonis 4 tahun penjara.

Perburuan para koruptor yang berkeliaran di luar negeri ini sudah menjadi perintah Presiden Joko Widodo. Dalam penangkapan tersebut BIN  punya peran besar dibantu Tim Gabungan dari kepolisian, kejaksaan dan instansi lainnya.

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso kepada Ayonews, mengungkapkan proses penangkapan terhadap terpidana Samadikun. “Sesuai UU No 17/2011/ BIN punya kewenangan melakukan operasi intelijen di luar negeri. Salah satu yang menjadi target operasi BIN adalah Samadikun Hartono,” papar pria yang akrab disapa Bang Yos ini, Senin (18/4/2016).

BIN yang bekerja sama dengan aparat pemerintah China memantau pergerakan Samadikun sebagai target operasi (TO). Pada 7 April 2016, Bang Yos diundang menjadi keynote speaker dalam sebuah acara di China.

“Dalam kesempatan itu saya bertemu dengan Menkopolhukam dan beliau mendukung upaya penangkapan tersebut,” ujar Bang Yos.

Saat itu Bang Yos mendapat info intelijen bahwa Samadikun akan berada di Sanghai mau menonton Formula One. Bang Yos langsung menugaskan tim untuk memantau pergerakan Samadikun hingga di arena F1 Sanghai.

Di salah satu kursi penonton arena Formula One Sanghai itulah akhirnya buronan BLBI Samadikun Hartono dibekuk Tim gabungan dan aaparat China. “Proses pemulangan terpidana dilakukan berdasarkan mekanisme internasional yang disepakati dan sesuai dengan hukum negara China. Proses ini tentu memerlukan waktu,” jelas Bang Yos.(tons)

 

 

 

 

 

Most Popular

To Top