Pilgub

Nih Dia Jenderal-jenderal Calon Penantang Ahok di Pilgub DKI 2017

images

Ayonews, Jakarta

Bursa cagub DKI Jakarta tak hanya diramaikan politisi, akademisi, dan tokoh masyaraka. Para jenderal pun siap bersaing masuk arena.

Ada beberapa nama jenderal baik aktif maupun sudah purnatugas di bursa cagub DKI. Jenderal purnawirawan yang pertama masuk ke bursa cagub DKI adalah Letjen (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin.

Nama Sjafrie masuk dalam penjaringan cagub DKI dari Partai Gerindra. Kabarnya belakangan Sjafrie sudah siap diusung di Pilgub DKI.

images
“Infonya dari teman-teman di DPP dan di DPD DKI, dikatakan kalau dia (Sjafrie- red) sudah siap. Siap ikut maju dari kami,” ujar Wakil Ketua Umum Gerindra Arief Puyuono saat dihubungi detikcom, Senin (11/4/2016).

Nama kedua yang muncul adalah jenderal polisi aktif Irjen Benny Mokalu. Staf Ahli Kapolri ini telah mendaftar ke penjaringan cagub DKI dari PDIP. Ia terpanggil maju sebagai cagub DKI karena ingin menyalurkan aspirasi dari masyarakat.

“Kalau memang Anda mau mengikuti aspirasi masyarakat apalagi partai, jangan sekali-kali menolak. Motivasinya adalah karena masyarakat menghendaki, tentunya saya harus terima karena amanah, tentunya harus ada hal yang saya diskusikan,” kata Benny saat mengambil formulir pendaftaran di DPD PDIP, Kamis (14/4/2016).

berita_92840_800x600_kapolda_bali
Menurut Benny, terkait pencalonannya ini, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti telah menyampaikan wejangan-wejangan. Rekan-rekan Benny sesama perwira tinggi di Polri sempat mempertanyakan keseriusan niatnya. 

“Saya sudah laporkan kepada Pak Kapolri, Bapak kasih wejangan dan nasihat. Pada pagi harinya teman-teman jenderal ada acara, mereka baca di medsos ‘lu serius nih pengin begini?’ ya saya serius. Dan saya pengin dan karena saya hobi membangun, lihat saja Polda Bengkulu,” tutur Benny, mantan Kapolda Bengkulu yang siap pensiun dini jika diusung di Pilgub DKI ini.

Nama ketiga yang muncul adalah Jenderal Jenderal (Purn) Moeldoko. Sama dengan Sjafrie, Moeldoko juga muncul di bursa cagub DKI dari Gerindra.

“Ada Ahmad Dhani masih masuk radar, ada Bang Yusril Ihza Mahendra masih masuk radar, ada Sandiaga Uno masih masuk radar, ada Pak Moeldoko masih masuk radar. Pak Letjen (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin juga,” kata Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman kepada detikcom, Minggu (17/4/2016).

moeldoko-130904b
Namun ternyata tak hanya Gerindra yang menarik-narik Moeldoko ke panggung politik. Orang-orang yang simpati kepada Moeldoko juga mulai bergerak.

Mereka menggelar acara peluncuran Kawan Moeldoko (Kamu) di Situ Babakan pada Rabu nanti. Di tempat yang sama ratusan warga DKI akan mendeklarasikan Moeldoko sebagai bacagub DKI. Gerilya pendukung sang jenderal sudah dipersiapkan dengan matang. Bahkan mulai disiapkan slogan Jakarta Enak Bersama Bang Moeldoko.(***)

Most Popular

To Top