Korupsi

Buronan BLBI Samadikun Hartono Menyerahkan Diri ke BIN

images

Ayonews, Jakarta
Buronan kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), Samadikun Hartono, dikabarkan menyerahkan diri.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menyebut Samadikun menyerahkan diri ke BIN di China.

“Saya belum tahu, informasinya itu dia menyerahkan diri ke BIN di China atau Hong Kong, saya kurang tahu pasti,” kata Badrodin, Jumat (15/4/2016).

Badrodin mengaku tidak tahu pasti kapan Samadikun menyerahkan diri. Dia pun meminta agar konfirmasi lebih lengkap ditanyakan ke BIN.

“Coba tanya ke BIN,” singkat Badrodin.

Sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari Kepala BIN Sutiyoso terkait penyerahan diri itu. Juga belum ada keterangan resmi dari Jaksa Agung Muhammad Prasetyo.
Samadikun menjadi buronan sejak kabur pada tahun 2003. Dari informasi di laman kejagung.go.id, Samadikun yang merupakan mantan Komisaris Utama PT Bank Modern itu menghilang saat hendak dieksekusi berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI Nomor 1696 K/Pid/2002 tanggal 28 Mei 2003. Dia dihukum 4 tahun penjara karena kasus penyalahgunaan dana BLBI senilai Rp 169,4 miliar.

Informasi terakhir yang tertera dalam laman tersebut disebutkan bahwa Samadikun tinggal Apartemen Beverly Hills Singapura. Selain itu disebutkan pula, dia mempunyai pabrik film di China dan Vietnam.(***)

Most Popular

To Top