Pilgub

Persyaratan Calon Independen Jangan Diperberat, Karena yang Ada Sudah Berat

independen

Ayonews, Jakarta
DPR berwacana memperberat syarat dukungan untuk calon independen saat merevisi UU Pilkada. Padahal, syarat yang ada sudah cukup memperberat calon independen.

“Syarat calon perseorangan tidak perlu diperberat. Saya ikut dalam harmonisasi, saya usulkan agar perseorangan tidak perlu diperberat karena sudah berat,” kata peneliti LIPI Siti Zuhro di Ruang Fraksi PAN, Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (14/4/2016).

Dalam diskusi “Revisi UU Pilkada: Menuju Pematangan Demokrasi di Indonesia” yang diadakan oleh Fraksi PAN,  Siti menilai syarat dukungan 6,5-10% dari jumlah DPT bagi calon perseorangan, sudah cukup.

“Sebetulnya, harus dari jumlah DPT dan persentase sekitar kurang 10 persen sudah cukup. Jangan diberatkan lagi,” tambahnya.

Menurut Siti, bila nantinya partai-partai politik sudah baik, tidak akan ada lagi calon perseorangan. Lagipula, dengan syarat yang ada sekarang, jumlah calon perseorangan sudah sedikit.

“Buktinya di Jakarta cuma Pak Ahok yang mau mencalonkan. Itu juga dengan bantuan media sosial,” ujar Siti. Untuk adilnya, syarat dukungan calon dari partai politik juga tidak perlu diperberat. Bahkan jika perlu dikurangi.

“Saya fair minta kurangi ambang batasnya 10-15 persen. Sudah banyak, jangan buat arturan dan kunci dirinya sendiri,” ucapnya.

Ketua Fraksi PAN Mulfachri Harahap menganggap wajar bila ada permintaan agar syarat calon independen diperberat. Itu karena, syarat untuk parpol juga sulit.

“Buat parpol yang jelas segala ssuatunya, memiliki basis dukungan, dikenakan syarat 20 persen sehingga wajar syarat independen ditingkatkan,” ujar Mulfachri di awal diskusi.

Komisi II DPR sudah mulai membahas revisi UU Pilkada. PAN optimistis pembahasan bisa selesai sebelum masa reses 29 Maret mendatang.

“Targetnya sebelum reses sudah lahir karena ini terkait tahapan pilkada. Ini penting bagi PAN agar pelaksanaan Pilkada ini melahirkkan pemimpin yang diharapkan,” kata Sekretaris F-PAN Yandri Susanto.(***)

Most Popular

To Top