Ibukota

Nongol Manusia Perahu, Ahok: Biarin Aja Ntar Juga Kapok Sendiri

IMG_20160412_015528

Ayonews, Jakarta

Usai penggusuran kawasan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, tiba-tiba muncul fenomena ‘manusia perahu’. Mereka sebenarnya warga eksodus pemukiman liar Luar Batang.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menanggapi santai munculnya puluhan ‘manusia perahu’ itu.

“Lama-lama mereka juga hilang sendiri. Biarkan saja dulu, nanti  juga kapok,” cetus Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Balai Kota, Jakarta, Rabu (13/4/2016).
Ahok menilai para ‘manusia perahu’ itu sebenarnya punya maksud lain. Mereka menunggu kesempatan menduduki kembali lahan yang telah dibongkar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Dia bukan tinggal di perahu, tapi dia lagi mau mengintai. Nanti kalau ada sheetpile (dinding turap yang dipasang di perairan lokasi itu), dia mau menginjak lagi di atasnya,” kata Ahok.

Sebagaimana diberitakan, sebagian dari ‘manusia perahu’ itu kini bahkan sudah berencana mendirikan tenda-tenda di atas puing bongkaran. Mereka-mereka ini sebagian adalah nelayan penduduk Luar Batang.

Salah seorang dari mereka mengemukakan alasan menolak direlokasi ke rumah susun (rusun). Karena bagi mereka rusun adalah tempat sewaan, namun di lahan milik negara itu mereka merasa sudah memiliki.(***)

Most Popular

To Top