Gaya Hidup

Tips Merawat Gigi Sehat!

Ayonews, Jakarta

Anda tentu lebih senang melihat seseorang yang tersenyum daripada seseorang yang muram. Ketika seseorang tersenyum, bagian yang akan terlihat adalah gigi, maka penting untuk menjaga kesehatan gigi agar tetap putih, gigi tidak berlubang dan tersusun rapi. Namun jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan mulut dan lidah agar tidak menimbulkan bau mulut. Apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut? Berikut ini tips merawat gigi dan mulut agar tetap sehat dan indah:

Menyikat dengan Benar

Sikat dengan tekanan ringan. Menekan terlalu keras pada gigi akan membuat gusi mudah berdarah dan sensitif terserang infeksi. Arah sikatan yang benar dalam menyikat gigi adalah vertikal satu arah dari pangkal ke ujung gigi. Tujuannya adalah agar sisa makanan di sela gigi dapat tersapu keluar dan perbatasan gusi-gigi tidak terkikis. Durasi waktu menyikat gigi yang ideal adalah 2-3 menit. Waktu menyikat gigi yang dianjurkan adalah pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur. Selesai menyikat gigi, lengkapi dengan berkumur dengan mouthwash yang mengandung antiseptik.

Hindari Tusuk Gigi

Selesai menikmati makanan, biasanya ada sebagian makanan yang menghuni celah-celah gigi. Keadaan ini dapat mengganggu dan jika dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan gigi rusak. Untuk mengeluarkannya, gunakan dental floss (benang gigi) daripada menggunakan tusuk gigi. Dental floss akan meminimalkan terjadinya gesekan dan benturan pada gigi dan gusi. Sebaliknya penggunaan tusuk gigi memungkinkan terjadinya pergeseran gigi dan melukai gusi sehingga membuat gusi berdarah dan infeksi.

Tidak Merokok

Pada saat menghisap rokok, jutaan zat kimia akan masuk dalam mulut dan memengaruhi jaringan dan organ yang ada dalam mulut, termasuk gigi. Asap panas rokok juga akan mengurangi produksi ludah yang menyebabkan bau mulut, menyebabkan mulut menjadi kering dan menjadikan kondisi mulut menjadi tempat yang nyaman untuk berkembangbiaknya bakteri. Efek lain dari merokok yaitu: Perubahan warna gusi, gigi dan bibir menjadi lebih gelap, Karies gigi mudah terbentuk, Meningkatkan risiko kanker mulut dan Mulut jadi beraroma rokok

Periksakan Gigi

Sakit atau tidak, sebaiknya Anda rutin mengunjungi dokter gigi 6 bulan sekali. Tujuannya adalah untuk memeriksa kesehatan gigi dan mulut. Jika tidak ada masalah, Anda dapat membersihkan karang gigi.

Sedikit rumit namun dapat membantu menyehatkan gigi dan mulut anda, bukan? Selamat mencoba! (NA)

Most Popular

To Top