Gaya Hidup

Dilema Wanita Pilih Karier atau Keluarga

Ayonews, Jakarta

Karier yang sukses dan keluarga yang harmonis merupakan dua hal yang di dambakan setiap orang. Sebagai wanita bekerja, sering kali kaum Hawa dihadapkan pada dilema. Di mana mereka harus memilih antara karier yang diimpikan sejak lama dengan keluarga yang dicintainya.

Saat memutuskan untuk fokus bekerja, wanita akan sukses dengan kariernya dan menjalani kehidupan mapan. Namun dibalik semua itu, wanita akan kehilangan waktu dan momen berharga bersama keluarga. Terlebih lagi bagi yang sudah memiliki anak, dengan bekerja wanita tentu akan kesulitan bila harus menjaga anak sekaligus yang berujung mempekerjakan pengasuh anak.

Sebaliknya, ketika wanita memutuskan untuk berada di rumah dengan hanya menjadi ibu rumah tangga, wanita lambat laun akan merasa bosan dengan rutinitas yang begitu-begitu saja. Wanita juga akan kesulitan dalam mengekspresikan kemampuannya dalam bermitra.

Sebab wanita dan pria harus bermitra, baik di rumah mau pun di dunia kerja. Pernikahan sesama diplomat pun sekarang sudah bisa. Jadi wanita tidak harus mengalah. Namun, suami dan istri tidak bisa di tempatkan satu gedung. Selain karena keputusan perusahaan, berada satu gedung kerja dengan suami akan membuat ruang gerak lebih sempit, dan wanita membuat suaminya merasa minder apabila ia memiliki jabatan diatas suaminya tersebut.

Berada dalam situasi seperti itu jelas menyulitkan bagi wanita. Lantas, apa yang harus dikorbankan wanita jika harus memilih? Itulah pertanyaan yang sering tercetus dalam benak kebanyakan wanita bekerja. Namun sebenarnya, Tidak ada yang harus dikorbankan. Keluarga dan karier bisa saja berjalan beriringan. Semua itu tergantung bagaimana kita sebagai wanita yang menjalankannya. (NA)

Most Popular

To Top