Gaya Hidup

Ingin Hindari Bergosip? Ini Caranya!

Ayonews, Jakarta 

Pernahkah Anda merasa terjebak dalam obrolan dingin atau nge-gosip cantik dengan rekan sekerja maupun teman lainnya? Hmm, jika terbilang sering, sudah saatnya Anda mengambil sikap. Para ahli mengatakan gosip menghilangkan ketenangan dalam pikiran sendiri dan parahnya, hal itu bisa berdampak buruk dalam kehidupan Anda.

gossip girl Yuk, mulai belajar menghilangkan kebiasaan ini. Beberapa fakta mengungkapkan, membicarakan seseorang di belakangnya adalah hal yang salah. Bahkan, apa yang Anda katakan belum tentu benar sesuai fakta.

Bayangkan, saat Anda bergosip justru menunjukkan rasa ketidaknyamanan dan kekejaman. Banyak hal yang dapat dilakukan daripada harus bergosip, lebih baik melakukan sesuatu yang bermanfaat, ketimbang nge-gosip bukan?

Jangan lupa, karma itu buruk, dan akan terjadi pada waktunya. Pepatah menulis, ‘Apa yang kamu tabur, itu yang kamu tuai’. Saat anda menggosipkan seseorang, bisa saja diemudian hari malah anda yang menjadi bahan gosip teman-teman anda.

Agar terhindar dari kebiasaan membicarakan orang lain, berikut ada cara yang efektif bisa Anda coba

Jika mulai mengarah gosip, coba ubah topik obrolan agar lebih lembut sehingga lebih mengarah ke pembicaraan yang lebih bermakna.

Biasanya saat kumpul dengan teman kampus atau teman kerja, nge-gosip dianggap jadi ‘bumbu penyedap’. Nah, saatnya Anda berani mengatakan dengan sopan tapi tegas bahwa Anda tidak ingin tahu tentang siapapun yang digosipkan dan tidak percaya gosip.

Cara jitu terakhir, jika tak kunjung berhasil menghentikan kebiasaan itu, cobalah menaruh catatan di meja kerja atau di kamar tidur untuk mengingatkan hal itu. (NA)

Most Popular

To Top