Gaya Hidup

Agar Si Sulung Tak Cemburu dengan Adiknya

Ayonews, Jakarta

Kelahiran adik bagi anak pertama memang sangat menyenangkan, namun juga seringkali memicu kecemburuan. Disebabkan karena perhatian orangtua kepada si sulung akan berkurang dan lebih banyak mengurus adiknya.

sulking child

Oleh karena itu, orangtua perlu memiliki cara untuk membagi perhatian antara si sulung dan adiknya yang baru lahir. Saat ibu membawa adik yang baru lahir pulang ke rumah, sebaiknya ajak si kakak untuk menyayangi adiknya dengan cara mengusap-usap kepalanya.

Pada usia 0-3 bulan pertama merupakan momen emas bagi anak pertama untuk tetap menjadi anak emas kedua orangtuanya. Jangan sampai kehadiran adiknya justru membuat Anda tidak memperhatikan si sulung. Libatkan dia saat ibu mengurus si adik. Seperti halnya mengganti popok, memandikan atau mungkin membantu ibu menidurkan adik, dengan begitu rasa kasih sayang kakak akan tumbuh dan menyingkirkan rasa cemburunya.

Persaingan yang kerap terjadi antar saudara di rumah tidak semata-mata secara alami disebabkan anak. Terkadang penyebabnya adalah manifestasi. Bagaimana penghayatan perlakuan orangtuanya kepada mereka. Jika orangtua berlaku cerdas, tentu anak pun akan cerdas secara emosinal.

Jadi, sebagai orang tua bersikap adil sangat penting dalam hal ini agar tidak memicu kecemburuan si sulung. (NA)

Most Popular

To Top