Gaya Hidup

Sejarah Media Rekam

Ayonews, Jakarta

Jika membicarakan tentang perkembangan media rekam, maka kita harus melihat dari belakang. Awal terjadinya media rekam ialah untuk memuaskan keinginan manusia dalam membekukan suatu kejadian atau cerita karena sebuah media rekam bukan saja dapat memberi informasi seperti waktu dan tempat saja, namun juga sebagai media komunikasi yang baik.

Media rekam pada awalnya merupakan sesuatu yang sangat sederhana dan dapat dicari di alam, seperti di dinding goa, daun, tanah liat hingga kertas papir. Kemudian disusul dengan para pelukis yang mencoba untuk meniru alam sebaik-baiknya. Namun, ketika kamera obscura atau kamera lobang jarum ditemukan, orang-orang mulai berlomba untuk mencari media rekam yang dapat membekukan momen-momen tersebut.

Awalnya dimulai dengan seniman Lithography asal Prancis bernama, Joseph Nicephore Niepce, yang berhasil melahirkan sebuah imaji dengan cara Heliogravure. Caranya ialah meng-expose pemandangan dari jendela kamarnya selama delapan jam di atas plat logam yang dilapisi aspal.media rekam tanah lihat

Kemudian disusul oleh,Louis- Jacques Mande’ Daguerre pada tahun 1839 yang merupakan bapak fotografi dunia berhasil membuat foto sebenernya pada lembaran plat tembaga perak yang dilapisi dengan larutan iodine yang disinari selama setengah jam cahaya langsung dengan lampu neon yang disebut juga sebagai Daguerreotype.

Penemuan media rekam terus berkembang hingga penemuan seluloid atau pita gelatin yang berlapiskan emulsi perak halida ( AgBr) ditemukan. Mekanisme kerja seluloid serupa dengan cara kita melihat. Mata menangkap gambar berdasarkan cahaya yang terpantul dari objek yang kita lihat, sama halnya dengan seluloid yang merekam gambar berdasarkan cahaya-cahaya yang terekspos pada permukaannya. Seluloid menjadi media rekam paling baik hingga abad ke 21. Bahkan terdapat banyak sekali macam-macamnya berdasarkan ukurannya, seperti 8 mm,16 mm, 35 mm, dan 70 mm.

CDs

Namun sayangnya satu dekade setelah abad ke 21, perjalanan seluloid tertiba terhenti. Tekhnologi digital hadir dan menjadi standar baru dalam waktu cepat. Mulailah bermunculan media-media rekam baru seperti CD, Flash Disk dan Hard Disk yang kini sering kita temukan. (NA)

Most Popular

To Top